Varian Baru Virus Corona Omicron Mulai Merajalela, Pemprov Sulut Perketat Bandara

| 18 Dec 2021 11:32
Varian Baru Virus Corona Omicron Mulai Merajalela, Pemprov Sulut Perketat Bandara
Ilustrasi suasana Bandara (Unsplash/@philm1)

ERA.id - Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara Steaven Dandel mengatakan pemerintah provinsi telah memperketat mobilitas penumpang di Bandara Sam Ratulangi untuk mencegah COVID-19 penyebaran varian Omicron.

"Ada dua pintu kedatangan menuju ke bandara, pertama tenaga kerja asing yang menggunakan pesawat sewa, kemudian penerbangan langsung dari Singapura ke Manado," kata dr Steaven, di Manado, Jumat.

Pelaku perjalanan internasional yang menggunakan Bandara Sam Ratulangi, kata dia, akan melalui serangkaian tes sebagai bentuk pengetatan terhadap penyebaran COVID-19.

Karena itu, dia berharap pengetatan dengan sejumlah prosedur yang diberlakukan ini mendapatkan dukungan penuh sebagai langkah bersama menekan angka penularan COVID-19.

Sebanyak enam tenaga kerja asing berpaspor China terkonfirmasi positif COVID-19 setelah melalui serangkaian tes.

Tiga di antaranya terindikasi varian Omicron setelah melalui uji menggunakan reagen khusus di BTKL PP Mapanget Manado. Sampel itu telah dikirim ke Litbangkes Kemenkes dan tinggal menunggu hasil.

"Karena itu, kami mohon maaf bahwa tidak ada dispensasi selama proses karantina bagi pelaku perjalanan. Karantina wajib dilakukan selama 10 hari," tegasnya.

Dia mengajak masyarakat mendatangi posko-posko untuk divaksin guna mencegah penularan varian Omicron.

"Varian Omicron ini ringan gejalanya, karena itu kami mengimbau masyarakat mendatangi posko-posko untuk divaksin dosis pertama dan kedua agar terhindari dari virus Omicron," ajaknya dikutip dari Antara, Sabtu (18/12/2021).

Rekomendasi