KKB Papua Klaim Prajurit TNI Yotam Bugiangge yang Kabur Saat Bertugas Bergabung dengan Kelompoknya

| 20 Dec 2021 20:15
KKB Papua Klaim Prajurit TNI Yotam Bugiangge yang Kabur Saat Bertugas Bergabung dengan Kelompoknya
Ilustrasi (Istimewa)

ERA.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menamakan dirinya Tentara Nasional Pembabasan Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengklaim Prajurit TNI Prada Yotam Bugiangge yang melarikan diri saat bertugas, bergabung dengan kelompoknya.

Juru bicara KKB Sebby Sambom memastikan anggota TNI-Polri orang asli Papua yang melarikan diri akan bergabung dengan kelompoknya.  

Menurut dia, anggota tersebut bergabung lantaran melihat kekejaman yang dilakukan pasukan TNI-Polri terhadap warga Papua.

"Jakarta tidak bisa main2 dengan bangsa Papua," jelas Sebby Sambom melalui pesan singkat kepada Era.id pada Senin (20/12/2021).

Meski demikian, dia tak menjelaskan secara rinci kondisi dan keberadaan Prada Yotam Bugiangge.

Sebelumnya, TNI membenarkan Salah satu anggotanya yang berasal dari Kompi-C Yonif 756/WMS bernama Prada Yotam Bugiangge melarikan diri pada Jumat 17 Desember lalu dengan membawa satu pucuk senjata SS2 V1.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga mengatakan Yotam Bugiangge tidak hadir tanpa keterangan di Kabupaten Keerom.

Dia menjelaskan bahwa Prada Yotam Bugiangge sampai hari ini telah melarikan diri dari Kesatuan Yonif 756/WMS selama 4 hari dan sampai saat ini dalam proses pencarian.

"Prada Yotam Bugiangge merupakan putra Asli Papua yang lahir 24 Mei 1999 di Gunia, suku Nduga Papua Kabupaten Nduga," jelas Aqsha Erlangga.

Kapendam XVII/Cenderawasih menyatakan kejadian larinya Prada Yotam dari kesatuan diawali saat yang bersangkutan akan melaksanakan tugas jaga bersama rekan-rekan lainnya.

"Saat persiapan tugas jaga, tiba-tiba Prada Yotam Bugiangge berjalan menuju arah belakang tempat jaga sambil menelepon seseorang. Kemudian menjelang proses serah terima ternyata Prada Yotam tidak hadir sehingga dilakukan pencarian oleh rekan-rekannya," jelas Kapendam XVII/Cenderawasih pada Senin (20/12/2021).

"Pencarian dilakukan mulai dari dalam asrama sampai dengan lingkungan sekitarnya, dan hanya menemukan pakaian Pakaian dan sepatu yang dipakai Prada Yotam di semak-semak belakang Asrama," tambah Kapendam.

Selanjutnya Kapendam mengungkapkan pencarian dilanjutkan dengan menghubungi kerabat dan keluarga dari Prada Yotam.

Rekomendasi