Di Hadapan Jokowi, Megawati Minta Kurangi Impor Alat Kesehatan: Masa Gituan Saja Kita Enggak Bisa Bikin

| 10 Jan 2022 12:44
Di Hadapan Jokowi, Megawati Minta Kurangi Impor Alat Kesehatan: Masa Gituan Saja Kita Enggak Bisa Bikin
Megawati Soekarnoputri (Antara)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta Presiden Joko Widodo untuk mengurangi impor alat-alat kesehatan, terlebih di tengah masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, ketergantungan terhadap barang impor ini menjadikan kerentanan pada sistem kesehatan di Indonesia.

"PDIP mencatat adanya kerentanan sistem kesehatan nasional akibat ketergantungan pada impor. Dari dulu ya itu lagi lho ya Pak Jokowi," kata Mega dalam pidato HUT PDIP ke-49, Senin (10/1/2022).

Mengawati mengatakan, Indonesia memiliki banyak orang pintar yang mampu membuat alat-alat kesehatan. Sehingga menurutnya, pemerintah tak perlu lagi mengimpor barang dari luar.

"Enggak usah yang megah-megah dulu lah. Masa alat suntik atau apa dan lain sebagainya itu masih saja dari luar. Masa gituan saja kita enggak bisa bikin ya, menurut saya lho. Saya nanya ini kepada orang-orang pintar. Orang Indonesia itu banyak yang pintar," kata Megawati.

Lebih lanjut, Megawati menyinggung sudah saatnya pemerintah mewujudkan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial. Dia mengatakan, di tengah situasi darurat pandemi Covid-19, pemerintah harus mampu mendahulukan yang lebih penting.

Oleh karenanya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) diharapkan mampu menjadi  tulang punggung kemajuan bangsa.

"Sebab tidak ada bangsa besar maju tanpa penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi," tegasnya.

Rekomendasi