Pemerintah Klaim Hanya Satu Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Sepanjang Januari 2022

| 10 Jan 2022 17:00
Pemerintah Klaim Hanya Satu Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Sepanjang Januari 2022
Luhut Pandjaitan (Dok. Antara)

ERA.id - Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim di tengah meningkatnya kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia, hanya ada satu kasus kematian di sepanjang Januari 2022. Kasus kematian itu ditemukan di Jakarta.

"Meski kasus terus meningkat, jumlah kematian di Jawa-Bali juga terjaga sangat baik. Hanya satu kematian, saya ulangi, hanya satu kematian selama bulan Januari ini yang ditemukan di Jakarta," ujar Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (10/1/2022).

Selain itu, Luhut juga menyampaikan bahwa kasus konfirmasi positif di provinsi lainnya di wilayah Jawa-Bali masih dalam kondisi terkenali. Meski ada beberapa daerah yang mengalami sedikit kenaikan kasus seperti Bali, Banten, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lebih lanjut, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) itu menambahkan, per 8 Januari 2022 terdapat 29 wilayah aglomerasi yang kembali masuk PPKM Level 1 di wilayah Jawa-Bali. Hal ini disebabkan meningkatnya jumlah testing dan tracing yang dilakukan oleh para kepala daerah.

"Dari membaiknya pekerjaan testing tracing tadi memberikan dampak yang baik terhadap asesmen level yang sebelumnya sempat memburuk. Berdasarkan asesmen 8 Januari terdapat 29 aglomerasi yang kembali masuk ke Level 1 di daerah Jawa-Bali," kata Luhut.

Luhut kemudian kembali mengimbau masyarakat agar bersama-sama membantu pemerintah dengan menaati protokol kesehatan dan aturan-aturan yang sudah dibuat. Menurutnya, kunci menangani pandemi Covid-19 adalah kedisiplinan.

"Saya yakin Covid hanya bisa dicegah dengan kedisiplinan dan semangat gotong royong yang dilakukan seluruh elemen bangsa secara terus menerus," pungkasnya.

Rekomendasi