Vaksinasi Booster Gratis Dimulai Besok, Jokowi: Prioritas Bagi Lansia dan Kelompok Rentan

| 11 Jan 2022 15:41
Vaksinasi Booster Gratis Dimulai Besok, Jokowi: Prioritas Bagi Lansia dan Kelompok Rentan
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Pemerintah akan memulai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster pada Rabu (12/1/2022).

Vaksinasi booster ini diprioritaskan bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan rentan.

"Mulai tanggal 12 Januari 2022, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan," ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangan video yang diunggaj di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa(11/1/2022).

Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan bagi masyarakat yang hendak mendapatkan vaksinasi booster yaitu, sudah menyelesaikan vaksinasi dosis kedua minimal enam bulan sebelumnya.

Jokowi mengatakan, pemberian vaksinasi booster ini adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan kekebalan kelompok. Mengingat virus SARS-CoV-2 atau Covid-19 terus bermutasi.

"Syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiha ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya," papar Jokowi.

"Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan, meskipun sudah divaksin dan menerima vaksinasi booster, masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Dia menegaskan, protokol kesehatan dan vaksinasi merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19," tegas Jokowi.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) terhadap lima merek vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Kepala BPOM, Penny Lukito mengatakan, ada dua macam skema pemberian vaksinasi booster. Pertama yaitu homologous atau pemberian dosis 1-3 menggunakan merek vaksin yang sama. Kedua, heterologous atau pemeberian dosis ketiga menggunakan merek vaksin yang berbeda dengan dosis 1-2.

"Pada hari ini kami melaporkan ada lima vaksin yang telah mendapatkan EUA," kata Penny dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube BadanPOM, Senin (10/1/2022).

Untuk merek vaksin Covid-19 booster homologous antara lain yaitu CoronoVac, Pfizer, dan AsraZeneca. Kemudian vaksin merek Moderna digunaakan untuk homologous dan heterologous, dan Zifivax untuk heterologous

Untuk diketahui, CoronaVac merupakan vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh PT Bio Farma (Persero) dengan menggunakan bahan baku dari vaksin Sinovac.

"Jadi dalam hal ini ada lima, sampai dengan saat ini ada lima. Karena ada juga beberapa yang sedang uji klinik vaksin booster yang masih berlangsung dan dalam waktu beberapa hari ini akan bisa kita putuskan EUA-nya," kata Penny.

Rekomendasi