Heboh 11 Petugas Umrah Positif Covid-19 Sepulang dari Arab Saudi, Menag: Semua OTG

| 17 Jan 2022 15:33
Heboh 11 Petugas Umrah Positif Covid-19 Sepulang dari Arab Saudi, Menag: Semua OTG
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membenarkan kabar belasan petugas umrah terpapar Covid-19 sepulang dari Arab Saudi. Menurutnya, jumlah petugas yang positif sebanyak 11 orang.

"Betul (petugas umrah positif Covid-19 sepulang dari Arab Saudi). Ada 11 orang, Nggak ada gejalanya, OTG (orang tanpa gelaja)," kata Yaqut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Yaqut mengatakan, kejadian tersebut merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Meskipun sudah menerapkan protokol kesehatan, namun risiko terpapar masih tetap ada. Dia berharap hal ini dapat menjadi pelajaran untuk ke depannya.

"Ya kita kan berusaha untuk hati-hati menjaga semua protokol kesehatan, tetapi tetap saja kena. Jadi ini pelajaran untuk kita semua," kata Yaqut.

Lebih lanjut, Yaqut mengungkapkan sejak awal sudah pernah mengimbau agar masyarakat menunda menunaikan ibadah umrah. Sebab, umrah bukan ibadah wajib.

Namun, dia tak bisa sepenuhnya melarang para jamaah. Oleh karenanya, pemerintah kemudian memfasilitasi para jemaah untuk menunaikan ibadah umrah dengan menerapkan one gate policy atau kebijakan satu pintu untuk pelaksanaan ibadah umrah. Artinya, seluruh jamaah harus berangkat dan pulang melalui asrama haji.

"Agar jemaah ini berangkat dengan aman, pulang enggak bawa virus. Di sana enggak kena, pergi enggak bawa pulang (virus), supaya tetap aman ibadahnya baik dan lancar," kata Yaqut.

Rekomendasi