Kronologi 87 Jemaah Umrah Terpapar Covid-19 Setibanya di Tanah Air, Kemenag: Padahal Sudah Karantna 5 Hari di Saudi

Tim Editor

Jemaah Umrah (Dok. Kemenag)

ERA.id - Pemerintah melalui Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Nur Arifin menjelaskan adanya 87 jemaah umrah yang terpapar positif Covid-19.

Sebagai informasi, jemaah umrah positif sebanyak 87 ini yaitu dari 414 jemaah umrah yang berangkat tanggal 8 Januari 2022 dan pulang ke tanggal 17 Januari 2022.

Nur Arifin memaparkan kronologis terpaparnya ke 87 jemaah umrah dari Covid-19.


Pertama, seluruh jemaah umrah dimana satu hari sebelum keberangkatan sudah di PCR di Asrama Haji Pondok Gede dan hasilnya 100 persen negatif.

"Tiba di Saudi mereka di PCR hasilnya juga 100 persen negatif," terang Nur Arifin dalam siaran peers tertulisnya kepada pewarta, di Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Selanjutnya, saat jemaah dikarantina selama lima hari di Saudi, hari keempat mereka di PCR juga hasilnya 100 persen negatif.

Lalu, pada hari ke-9 atau sehari sebelum kembali ke Indonesia, mereka kembali di PCR dan tetap dinyatakan 100 persen negatif.

"Tiba di Indonesia jemaah di PCR lagi. Di sini baru ada yang positif sebanyak 87 orang," ungkapnya.

Menurutnya, seluruh jemaah dinilai tertib protokol kesehatan (prokes) dimulai sejak keberangkatan senantiasa 100 persen negatif hasil PCR, saat berangkat dan selama di Saudi.

Dengan demikian pihaknya sekarang berkonsultasi dengan Satgas Covid 19 dan KKP Bandara Soeta serta Kemenkes berkaitan dengan hal ini.

"Misalnya di bandara ketika mau pulang ke Indonesia, ketika terkena virus belum kelihatan atau belum terdeteksi," tuturnya.

"Nah ketika sudah di Indonesia, setelah masa inkubasi cukup, baru kelihatan ada yang positif. Itu analisa sementara," pungkasnya.

Namun demikian, Nur Arifin mengklaim beberapa jemaah terlihat sehat dan tidak menunjukkan gejala yang signifikan. Ia pun berharap jemaah itu bisa segera pulih kembali.

"Tapi memang rata-rata yang positif itu tampak sehat sehat saja. Tidak kelihatan kalau sakit,” ujarnya.

“Semoga mereka yang positif segera pulih sehat kembali dan yang negatif juga semakin sehat," tandasnya.

Tag: umrah jemaah umrah positif covid 19

Bagikan: