Kasihan Jakarta, Jokowi Sudah Jadi Presiden 2 Periode, Banjir Masih Belum Teratasi

| 22 Jan 2022 16:55
Kasihan Jakarta, Jokowi Sudah Jadi Presiden 2 Periode, Banjir Masih Belum Teratasi
Anak-anak di Jakarta saat menikmati banjir (ERA.id)

ERA.id - Beberapa hari yang lalu, DKI Jakarta masih dilanda banjir. Tampaknya, masalah ini masih menjadi momok tahunan, siapapun pemimpinnya.

Sejauh ini, Gubernur Anies Baswedan, sudah berusaha untuk mengatasi banjir Jakarta. Namun sayang, usahanya tak sempurna. Masih ditemui kekurangannya.

Seperti sumur resapan yang belakangan diketahui tidak berfungsi maksimal, usai beberapa daerah di Jakarta Barat, seperti di Jalan Kamal Raya, banjirnya lambat surut.

Hal itu malah membuat heran warga sekitar. Baiknya, ada pula yang bersyukur dengan program itu. Ada juga warga yang menganggap, kalau banjir di lingkungannya lekas surut.

Ya, banjir hingga kini belum bisa hilang. Walau Presiden Jokowi sudah menjadi presiden selama 2 periode lamanya.

Padahal, ia dulu berjanji, banjir Jakarta akan lebih mudah diatasinya, jika ia memimpin Indonesia. Hasilnya?

Dengan sangat percaya diri, Jokowi pernah bilang mudah mengatur dan memerintahkan kepala daerah di kawasan Jabodetabek untuk bekerja sama.

Kerja sama dirasa perlu, sebab kata Jokowi, Pemprov DKI takkan bisa menanggulangi kemacetan dan banjir tanpa bantuan daerah lain.

Contoh kecilnya adalah dua masalah klasik Jakarta, seperti macet dan banjir, ditopang dari daerah-daerah penyangganya.

"Seharusnya lebih mudah (mengatasi kemacetan) karena kebijakan transportasi itu harusnya tidak hanya Jakarta, tapi juga Jabodetabek. Itu seperti halnya dengan masalah banjir. Banjir tidak hanya masalah Jakarta, karena 90 persen air yang menggenangi Jakarta itu justru berasal dari atas (Bogor). Semua pengelolaan 13 sungai besar yang ada di Jakarta juga semuanya kewenangan pemerintah pusat," papar Jokowi, dikutip dari Kompas.com, 2014 silam.

Dari omongan Jokowi dan kerja Anies sekarang, apakah kalian masih berharap banjir Jakarta bisa rampung dalam beberapa tahun? Siapa sosok yang kalian harap bisa menghentikan kasus banjir di Jakarta?

Kami juga pernah menulis soal Terungkap Asal 908 Orang Kasus Aktif COVID-19 di Jakarta, Dinkes DKI: Didominasi Impor. Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi