Poster Babeh Haikal Ngaji di Yonif Para Raider 502/UY Hoaks, KSAD: Ada Kelompok Ingin Benturkan Masyarakat dengan TNI

Tim Editor

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman (Dok TNI AD)

ERA.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menegaskan poster Haikal Hassan yang akan mengisi kegiatan ceramah di Yonif Para Raider 502/UY Malang merupakan hoaks.

Menurut Jenderal TNI Dudung, hoaks itu muncul dari kelompok yang mencoba ingin membenturkan TNI dengan rakyat.

"Itulah salah satu kelompok-kelompok yang mencoba sudah kelihatan kan sudah ada kelompok yang coba mau membenturkan TNI dengan rakyat seakan akan TNI mendukung," jelas Dudung Abdurachman di Monas, Jakarta pada Selasa (25/1/2022).


Dia pun memastikan yang menolak Haikal Hassan di Malang merupakan masyarakat dan bukan dari TNI.

Sebelumnya, TNI AD memberikan penjelasan soal beredarnya poster Haikal Hassan yang akan mengisi kegiatan di Yonif Para Raider 502/UY Malang. Dalam poster beredar, kegiatan itu harusnya berlangsung pada Jumat (21/1).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat TNI AD, Brigjen TNI Tatang Subarna, mengatakan beredarnya poster yang menyebut Haikal Hassan akan melaksanakan kegiatan di Yonif Para Raider 502/UY adalah tidak benar atau hoaks.

Tatang menjelaskan sebelumnya pria yang akrab disapa Babe Haikal itu meminta izin untuk mengadakan kegiatan pengajian di Yonif Para Raider 502/UY dengan mengundang masyarakat umum.

"Akan tetapi kegiatan tersebut tidak mendapatkan perizinan dari satuan terkait mengingat kondisi pandemi COVID yang masih terus berlangsung saat ini," kata Tatang dalam keterangannya, Minggu (23/1).

Tatang menuturkan, Yonif Para Raider 502/UY telah meminta Tim Ustaz Haikal untuk menghapus poster tersebut, guna menghindari kesalahpahaman di masyarakat.

"Selanjutnya, Yonif Para Raider 502/UY akan meminta kepada pihak Tim Ustaz Babe Haikal untuk membuat permintaan maaf melalui pernyataan pers yang menjelaskan bahwa postingan tersebut tidak benar dan dilakukan tanpa seizin dari satuan Yonif Para Raider 502/UY," ucap Tatang.

Sebelumnya, beredar vide aksi warga yang menolak kedatangan Haikal Hassan di Malang. Dalam narasinya, video tersebut menjelaskan jika warga menolak kedatangan ustaz intoleran.

Tag: haikal hassan Babeh Haikal

Bagikan: