Janjikan Konsesi Lahan ke NU, Jokowi: Enggak Mungkin Kecil, Insya Allah Gede

| 31 Jan 2022 14:06
Janjikan Konsesi Lahan ke NU, Jokowi: Enggak Mungkin Kecil, Insya Allah Gede
Jokowi (Dok. Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo berjanji akan memberi konsensi lahan dalam jumlah besar kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Sebelumnya, janji yang sama juga pernah disampaikan Jokowi saat menghadiri Muktamar PBNU di Lampung Tengah akhir tahun lalu.

Jokowi mengaku sudah menyiapkan konsesi lahan tersebut untuk PBNU. Dia memastikan, konsesi bukan dalam jumlah kecil.

"Pemerintah siap memberikan konsesi yang besar tetapi secara profesional, sesegera mungkin. Saya sudah siapkan," kata Jokowi saat menghadiri peringatan Hari Lahir ke-96 NU, Senin (31/1/2022).

"Enggak mungkin saya berikan NU itu yang kecil-kecil, saya pastikan yang gede. Insya Allah yang gede," imbuhnya.

Jokowi mengatakan, konsesi itu untuk digunakan sebagai modal PBNU dalam membuat program-program inovatif yang berdampak baik bagi masyarakat.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyarankan PBNU membuat modal ventura sendiri. Menurutnya, lembaga besar seperti PBNU bisa mengelola dana abadi milik sendiri.

"NU perlu mempunyai sentra-sentra inkubator yang sangat efektif. NU perlu mempunyai venture capital sendiri, moda ventura sendiri yang kuat dengan mambangun dana abadi," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa moda ventura PBNU akan membiayai berbagai kegiatan dan kepentingan warga NU. Lembaga itu akan menjadi penyokong dana berbagai program PBNU.

"Nantinya mempunyai sovereign wealth fund sehingga NU mempunyai kekuatan membiayai program-program unggulan dan program-program inovatif," pungkasnya.

Rekomendasi