Komisi II DPR Akan Gelar Fit and Proper Test Anggota KPU dan Bawaslu

| 07 Feb 2022 18:11
Komisi II DPR Akan Gelar Fit and Proper Test Anggota KPU dan Bawaslu
Ilustrasi DPR RI (Dok. Antara)

ERA.id - Komisi II DPR RI bakal menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 10 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 pada 14-16 Februari 2022, pekan depan.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan, keputusan tersebut merupakan hasil pimpinan (Rapim) dan rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus) yang digelar pada Senin (7/2) pagi.

"Bahwa tanggal 14, 15, dan 16 Februari yang akan datang, kami akan melakukan fit and proper test. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/2/2022).

Doli mengatakan, jika proses fit and proper test berjalan lancar maka pada 17 Februari 2022, DPR RI sudah dapat menentukan tujuh orang calon anggota KPU dan lima calon anggota Bawaslu untuk dilantik.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, sebelum pelaksanaan fit and proper test, dalam lima hari ke depan DPR RI akan menampung aspirasi masyarakat terkait nama-nama calon anggota KPU dan Bawaslu.

"Sebelum dilakukan fit and proper test, kami yang diberikan tugas itu juga berkewajiban untuk menyampaikan ke publik 14 nama (calon anggota KPU) dan 10 nama (calon anggota Bawaslu) untuk mendapatkan tanggapan, saran dan masukan dari masyarakat selama lima hari ke depan," papar Doli.

"Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar sehingga tanggal 17, Insyaallah, rencananya kita sudah punya tujuh orang calon KPU dan lima calon anggota Bawaslu untuk dilantik," imbuhnya.

Sebelumnya, pemerintah sudah terlebih dahulu membentuk tim seleksi (timsel) calon anggota KPU dan Bawaslu. Dari hasil seleksi tersebut terdapat 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu.

Setelah itu, nama-nama tersebut dikirimkan ke Presiden Joko Widodo. Kemudian Presiden Jokowi mengirimkan Surat Presiden (Supres) yang sudah diterima DPR RI pada 12 Januari 2022 lalu.

Adapun 14 nama calon anggota KPU antara lain: August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Sedangkan 10 calon anggota Bawaslu antara lain: Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.

Tags : kpu bawaslu DPR RI
Rekomendasi