PKB Bantah Dugaan Partai Koalisi Sudah Sepakati Nama Anggota KPU-Bawaslu Sebelum Fit and Proper Test Rampung

| 16 Feb 2022 18:08
PKB Bantah Dugaan Partai Koalisi Sudah Sepakati Nama Anggota KPU-Bawaslu Sebelum Fit and Proper Test Rampung
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

ERA.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membantah partai koalisi pendukung pemerintah telah menyepakati sejumlah nama anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027, sebelum fit and proper test selesai digelar oleh Komisi II DPR RI.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menegaskan, tidak pernah ada pertemuan antara partai politik untuk menyepakati anggota KPU-Bawaslu yang baru.

"Enggak, enggak (tidak ada pertemuan parpol sepakati anggota KPU-Bawaslu yang baru)," kata Muhaimin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Muhaimin mengatakan, hingga saat ini Komisi II DPR RI masih menggelar fit and proper test calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027. Dia mengaku tidak mendapat laporan bahwa Komisi II sudah memilih calon yang lolos seleksi.

"Itu masih digodok di Komisi II. Saya enggak dapat laporannya," kata Muhaimin.

Munculnya dugaan partai koalisi pemerintah telah menentukan nama anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 berawal dari pesan berantai yang diterima awak media.

Dalam pesan berantai itu berisi nama-nama anggota KPU-Bawaslu yang terpilih. Disebutka, nama-nama itu sudah disepakati oleh partai koalisi.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

Final KPU-Bawaslu hasil rapat partai koalisi di Hang Tuah, Selasa malam (15/02).

KPU :

1. Parsadaan Harahap (HMI/Golkar)

2. Hasyim Asyari (Ansor/PMII/PKB)

3. Betty Epsilon (HMI/Nasdem)

4. I Dewa Kade (GMNI/PDIP)

5. Yulianto Sudrajat (GMNI/PDIP)

6. Yessy Momongan (GAMKI/Gerindra)

7. Viryan (HMI/Gerindra)

Bawaslu :

1. Rahmat Bagja (HMI/Golkar)

2. Fuadi (HMI/Gerindra)

3. Totok (GMNI/PDIP)

4. Aditya Perdana (HMI/Nasdem)

5. Mardian (PMII/PKB)

Untuk diketahui, Komisi II DPR RI menggelar fit and proper test mulai 14-16 Februari 2022. Dalam proses tersebut, para legislator ini akan memilih tujuh dari 14 calon anggota KPU dan lima dari 10 calon anggota Bawaslu.

Adapun 14 nama calon anggota KPU yang mengikuti fit and proper test antara lain: August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy'ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa'at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Sedangkan 10 calon anggota Bawaslu antara lain: Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.

Rekomendasi