Nama Calon Anggota KPU-Bawaslu Terpilih Mirip Pesan Berantai yang Beredar, Komisi II: Hanya Kebetulan

| 17 Feb 2022 21:13
Nama Calon Anggota KPU-Bawaslu Terpilih Mirip Pesan Berantai yang Beredar, Komisi II: Hanya Kebetulan
Ilustrasi DPR (Antara)

ERA.id - Nama-nama calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 yang telah dipilih Komisi II DPR RI mirip dengan salah satu isi pesan berantai yang sempat beredar. Namun, hal ini dibantah oleh Komisi II DPR RI.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengatakan, kemiripan nama yang beredar dengan yang sudah terpilih itu hanyalah sebuah kebetulan.

"Kalau sama, ya itu kebetulan saja sama. Boleh dong orang berhitung," kata Junimart di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Menurut Junimart, selama proses fit and proper test berlangsung memang ada beberapa pesan berantai yang berisi paket nama anggota KPU-Bawaslu yang sudah terpilih. Dia bahkan mengaku mendapatkan empat pesan dengan isi paket nama yang berbeda-beda.

"Saya dapat berapa itu (pesan berantai), ada yang melenceng sama sekali," kata Junimart.

Bantahan serupa juga disampaikan oleh Anggota Komisi II DPR RI Anwar Hafid. Menurutnya, Urutan anggota KPU dan Bawaslu yang terpilih berbeda dengan daftar yang sudah beredar lebih dulu.

Anwar menjelaskan, Calon yang suaranya tinggi diurutkan dari nomor satu. Misalnya nama Betty Epsilon Idroos berada di urutan satu calon anggota KPU RI karena banyak mendapat dukungan fraksi.

Adapun proses pemilihan itu dilakukan secara voting tertutup di Komisi II. Setiap fraksi yang diwakili Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) memberi suara kepada calon-calon yang ada.

"Itu bukti bahwa sebenarnya yg beredar itu tidak sama dengan hasil keputusan kita. karena sisanya dari nomor urut itu kan kenapa diurut sedemikian bukan berdasarkan abjad karena itu hasil suara yang diperoleh masing-masing," kata Anwar.

Untuk diketahui, Komisi II DPR RI telah selesai melaksanakan fit and proper test terhadap 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu sejak 14-16 Februari 2022.

Kemudian, pada 17 Februari 2022 dini hari, Komisi II DPR RI mengumumkan nama-nama calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 yang terpilih. Masing-masing berjumlah tujuh orang anggota KPU dan lima orang anggota Bawaslu.

Tujuh calon anggota KPU RI yang terpilih adalah:

1. Betty Epsilon Idroos

2. Hasyim Asya'ri

3. Mochamad Afifudin

4. Parsadaan Harahap

5. Yulianto Sudrajat

6. Idham Holik

7. August Melasz

Lima calon anggota Bawaslu RI yang terpilih:

1. Lolly Suhenty

2. Puadi

3. Rahmat Bagja

4. Totok Hariyono

5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda

Sementara, pada hari Senin (14/2), sempat beredar pesan berantai nama calon anggota KPU dan Bawaslu yang disepakati koalisi pemerintah. Padahal saat itu merupakan hari pertama uji kelayakan dan kepatutan.

Berikut bunyi pesan tersebut:

Kesepakatan di partai koalisi per tadi malam:

KPU :

1. Parsadaan Harahap (HMI/Golkar)

2. Idham Holik (HMI/Nasdem)

3. Betty Epsilon Idroos (HMI/Nasdem)

4. August Mellaz (non muslim/PDIP)

5. Yulianto Sudrajat (GMNI/PDIP)

6. Mochammad Afifuddin (PMII/PKB)

7. Hasyim Asy'ari (Ansor/Gerindra)

Bawaslu :

1. Rahmat bagja (HMI/Golkar)

2. Puadi (HMI/Gerindra)

3. Totok ( GMNI/PDIP)

4. Herwyn Jefler Hielsa Malonda (Non Muslim/Nasdem)

5. Lolly Suhenty (PMII/PKB)

Rekomendasi