Pesan DPR untuk Komisioner KPU dan Bawaslu yang Baru: Kerja Keras dan Tuntas!

| 19 Feb 2022 06:31
Pesan DPR untuk Komisioner KPU dan Bawaslu yang Baru: Kerja Keras dan Tuntas!
Komisi II DPR (Dok. DPR)

ERA.id - Komisi II DPR RI berharap para anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 yang terpilih mampu membangun hubungan baik dengan DPR RI.

Diketahui sebanyak tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu telah disahkan di Paripurna DPR RI.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia saat menyampaikan laporan hasil fit and proper test calon anggota KPU-Bawaslu di Rapat Paripurna DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/2/2022).

"Komisi II DPR RI meminta kepada para komisioner KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027 agar kedepannya mampu membangun hubungan kerja sama yang konstruktif antara DPR RI sebagai pembuat undang-undang dan KPU-Bawaslu sebagai pelaksana undang-undang," ujar Doli.

Anggota KPU dan Bawaslu yang terpilih ini jua diharapkan dapat bekerja keras dan tuntas dalam mempersiapkan rangkaian pemilihan umum (Pemilu) 2024. Doli mengatakan, agenda Pemilu, Pilpres, hingga Pilkada 2024 akan menjadi salah satu tugas utama bagi para komisoner KPU-Bawaslu yang baru.

"Mampu bekerja keras, bekerja sehat, dan bekerja tuntas. Utamanya dalam mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 secara demokratis, berintegritas dan berdasarkan asa langsung, umum, bebas, dan rahasia," kata Doli.

Oleh karenanya, diperlukan penyelenggara Pemilu yang independen, profesional, berlaku adil, dan memiliki integritas yang kuat dan berkompeten untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024.

Doli menegaskan, para anggota KPU-Bawaslu yang terpilih ini adalah anak bangsa terbaik dari yang terbaik. Sebab, mereka telah berhasil melewati tahapan pemilihan yang panjang dan bersaing dengan ratusan orang lainnya.

"Dari sekitar 800an yang mendaftar ke Timsel dan 300 sekian yang mendaftar calon anggota Bawaslu, diseleksi dapat 14 nama dan 10 nama sampai ke DPR dan kemudian kita lakukan fit and proper test. Tentunya, Komisi II DPR RI menaruh harapan besar kepada para komisioner KPU dan komisioner Bawaslu terpilih," kata Doli.

Untuk diketahui, DPR RI telah mengesahkan tujuh nama anggota KPU dan lima nama anggota Bawaslu periode 2022-2027 dalam Rapat Paripurna penutupan masa sidang pada Jumat (18/2).

Sebelumnya, Komisi II DPR RI sudah melaksanakan fit and proper test terhadap 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu sejak 14-16 Februari 2022.

Kemudian, pada 17 Februari 2022 dini hari, Komisi II DPR RI mengumumkan nama-nama calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 yang terpilih. Masing-masing berjumlah tujuh orang anggota KPU dan lima orang anggota Bawaslu.

Tags : kpu bawaslu
Rekomendasi