Arahan Presiden Jokowi pada Rapim TNI AL 2022, Kasal Yudo Margono: Untuk Introspeksi Bersama

| 02 Mar 2022 21:12
Arahan Presiden Jokowi pada Rapim TNI AL 2022, Kasal Yudo Margono: Untuk Introspeksi Bersama
KASAL Laksamana TNI Yudo Margono (TNI AL

ERA.id - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menjabarkan arahan dan kebijakan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Pimpinan TNI AL Tahun 2022 yang digelar di Mabesal Cilangkap, Jakarta, Rabu (2/3/2022).

"Kebijakan-kebijakan yang disampaikan dari pimpinan tertinggi, baik dari Presiden Jokowi, Menhan Prabowo Subianto maupun Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa akan kami jabarkan pada rapat pimpinan TNI AL hari ini," kata Laksamana Yudo.

Namun penjabaran yang sudah disampaikan oleh Presiden Jokowi, kata Yudo, akan diberikan penekanan-penekanan pada jajaran guna melaksanakan kegiatan anggaran yang sesuai, khususnya tepat sasaran dari anggaran yang sudah diberikan.

Selain menyampaikan arah kebijakan Pemerintah, Panglima TNI dan Kasal tahun 2022 kepada seluruh pimpinan Kotama/Satker TNI AL, Rapim TNI AL juga untuk mengidentifikasi, mengevaluasi maupun menganalisa pencapaian program kegiatan TNI AL tahun 2021.

Serta permasalahan yang dihadapi kedepannya dan tidak lanjut penyelesaiannya dalam rangka meningkatkan kinerja dan hasil pelaksanaan tugas pokok dan menyampaikan rencana program dan anggaran TNI AL tahun 2022.

"Pelaksanaan program kerja tahun 2021 sebagai evaluasi dan introspeksi bersama untuk memperbaiki kinerja TNI AL di waktu yang akan datang," katanya.

Rapim yang mengusung tema "TNI AL yang Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural" dihadiri Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Danpushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Agung Prasetiawan, Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono, para Asisten Kasal, Pejabat Mabesal sementara Pejabat TNI AL lainnya mengikuti Rapim secara virtual di wilayah Satuan Kerja (Satker) masing-masing.

“Dalam Rapim TNI AL tahun 2022 ini juga kita datangkan dari yayasan TNI AL untuk menyampaikan apa-apa yang telah dikerjakan selama ini sehingga bisa diketahui oleh seluruh jajaran maupun seluruh generasi penerus serta kontribusinya untuk TNI AL,” ujar Kasal.

Sementara itu, agenda Rapim TNI AL 2022 diawali dengan Pembukaan Rapim dilanjutkan penyampaian arah kebijakan pemerintah dan Panglima TNI Tahun 2022, paparan Irjenal Laksda TNI Sunaryo tentang Bidang Pengawasan, Asrena Kasal Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong tentang Renstra ke depan dan anggaran satuan.

Ketua Yayasan Sosial Bhumyamca (Yasbhum) Letjen TNI Mar (Purn) RM Trusono tentang kontribusi Yasbhum kepada TNI AL, Ketua Yayasan Nala Laksda TNI (Purn) B Ken Tri Basuki tentang Yayasan Nala serta paparan Ketua Umum Induk Koperasi Angkatan Laut Laksda TNI Joko Sutrisno.

Presiden Jokowi saat Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2022 mengingatkan prajurit TNI dan polisi harus disiplin mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh pimpinan dan pemerintah. Kedisiplinan itu, Jokowi menegaskan, juga berlaku untuk keluarga prajurit dan anggota Polri.

Oleh karena itu, Presiden meminta para prajurit dan anggota Polri mengingatkan keluarganya agar disiplin terhadap kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, termasuk di antaranya terkait pemindahan ibu kota negara (IKN).

Rekomendasi