'Semula Saya Keberatan', KH Miftachul Akhyar Mundur dari Ketum MUI, Gegara Seruan Bubarkan MUI?

| 09 Mar 2022 20:15
'Semula Saya Keberatan', KH Miftachul Akhyar Mundur dari Ketum MUI, Gegara Seruan Bubarkan MUI?
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia sekaligus Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar. (ANTARA/HO-MUI)

ERA.id - Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Miftachul Akhyar menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ia juga menyebut telah mengirimkan surat pengunduran diri tersebut.

Sebelumnya, seruan bubarkan MUI sempat jadi trending topic di media sosial Twitter. Hal itu diduga karena aksi Wakil Ketua Komisi Bidang Pemberdayaan Umat MUI Pusat, Fikri Bareno yang berdemo menuntut Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mundur dari jabatannya karena dianggap telah menghina Islam.

Fikri Bareno juga diketahui sebagai korlap Persaudaraan Alumni (PA) 212 pada aksi demo tersebut.

Selain itu, video Fikri juga disoroti karena salah gerakan salat di tengah demonstrasi sehingga viral di media sosial. Tampak Firli melakukan ruku dua kali di tengah aksi demo tersebut.

Namun, faktanya bukan hal itu yang membuat Miftachul Akhyar mundur dari dari jabatan sebagai Ketua MUI.

"Di saat ahlul halli wal aqdi (Ahwa) Muktamar ke-34 NU menyetujui penetapan saya sebagai Rais Aam, ada usulan agar saya tidak merangkap jabatan. Saya langsung menjawab sami'na wa atha'na (kami dengarkan dan kami patuhi). Jawaban itu bukan karena ada usulan tersebut, apalagi tekanan," ujar Kiai Miftah seperti dikutip dari laman resmi NU di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Pernyataan Miftachul itu disampaikan saat memberikan pengarahan dalam rapat gabungan Syuriyah-Tanfidziyah PBNU di Kampus Unusia Parung, Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Miftachul bercerita soal proses pemilihan dirinya menjadi Ketua Umum MUI pada akhir November 2020. Dua tahun sebelumnya, kata Kiai Miftah, mengaku terus dirayu dan diyakinkan untuk bersedia jadi Ketua Umum MUI.

"Semula saya keberatan tapi kemudian saya takut menjadi orang pertama yang berbuat 'bid'ah' di dalam NU. Karena selama ini Rais Aam PBNU selalu menjabat Ketua Umum MUI," kata dia.

Saat ini, kata dia, merasa 'bid'ah' itu sudah tidak ada lagi setelah berkomitmen untuk merealisasikan janji di hadapan majelis ahlul halli wal aqdi dengan mengajukan pengunduran diri dari jabatan Ketua Umum MUI.

Sementara itu, Ketua Badan Pembinaan dan Pengembangan Organisasi MUI Salahuddin Al-Aiyub membenarkan bahwa pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Miftachul Akhyar dari kursi pimpinan MUI.

"Awal pekan ini, surat tersebut telah kami terima. Selanjutnya, MUI akan merespons surat tersebut sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku di internal MUI," kata dia.

Rekomendasi