Terungkap! Tenda yang Dipakai Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN Bekas Pengungsi Bencana Poso

| 15 Mar 2022 07:14
Terungkap! Tenda yang Dipakai Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN Bekas Pengungsi Bencana Poso
Jokowi berkemah di lokasi IKN (Dok BPMI Setpres)

ERA.id - Kawasan hutan di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur digunakan oleh Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju untuk berkemah.

Dalam foto-foto yang dibagikan oleh Biro Pers Sekretariat Presiden, terlihat tenda yang digunakan Jokowi dan rombongan berjenis inflatable air yang merupakan tenda pompa. Sehingga untuk mendirikannya cukup praktis dan cepat. Tenda yang digunakan juga berlapis ganda.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan, tenda yang digunakan untuk berkemah di IKN Nusantara ini merupakan stok lama milik Sekretariat Presiden. Dia mengaku, pemerintah tidak menganggaran secara khusus untuk membeli tenda untuk kegiatan ini.

"Stok lama milik Setpres. tenda sudah lama bukan beli baru," kata Heru kepada wartawan, Senin (14/3/2022).

Menurutnya, tenda-tenda tersebut sudah dibeli sejak 2019 lalu saat tercana benca gempa di Poso, Sulawesi Tengah. Namun, memang belum pernah digunakan.

"Inventaris sudah lama punya Setpres. Sudah lama banget, 2019 saat gempa Poso, belum sempat dipakai saat gempa dulu. (Semua tenda) sama, stok lama," kata Heru.

Untuk diketahui, Jokowi bermalam di IKN Nusantara dengan didampingi oleh Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri PPN Suharso Monoarfa, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono.

Hadir pula Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Nantinya, Jokowi akan berada satu tenda dengan Iriana. Sementara setiap menteri mendapat tenda masing-masing.

Mengintip unggahan Instagram Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, @suharsomonorfa, tenda-tenda tersebut cukup mewah.

Di dalam tenda dilengkapi dengan kasur berukuruan queen lengkap dengan dua buah kasur dan selimut. Serta ada meja dan kursi lipat, colokan listrik, makanan ringan, buah-buahan, dan satu kardus air minum mineral kemasan.

Kamar mandi di sekitar lokasi kemah meskipun hanya berdinding dari papan kayu, namun dilengkapi dengan shower dan toilet duduk.

Rekomendasi