Pemerintah Bakal Percepat Vaksinasi dan Booster COVID-19, Luhut: Kita Waspadai Jelang Ramadan dan Lebaran

| 15 Mar 2022 07:00
Pemerintah Bakal Percepat Vaksinasi dan Booster COVID-19, Luhut: Kita Waspadai Jelang Ramadan dan Lebaran
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Antara)

ERA.id - Menjelang bulan Ramadan, pemerintah kembali akan mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 dosis lengkap dan dosis ketiga atau booster. Hal ini diperlukan supaya umat Muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih bebas.

"Pemerintah sekarang sedang mendorong lebih cepat lagi (vaksinasi Covid-19). Ini perlu kita waspadai karena sudah menjelang bulan Ramadan dan nanti juga lebaran," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers evaluasi PPKM yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022).

Luhut mengimbau, agar masyarakat segera melakukan vaksinasi Covid-19 terutama kelompok lansia dan pemilik penyakit penyerta atau komorbid.

Sementara bagi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap, segera menambah dengan booster. Dia mengingatkan supaya masyarkat tidak perlu memilih-milik jenis vaksin karena semuanya terbukti efektif dalam memberikan antibodi terhadap Covid-19.

"Sekali lagi saya imbau semua kita, masih ada dua minggu sebelum bulan puasa, untuk kita mempercepat vaksinasi ini. Dan ini untuk keamanan kita semua," kata Luhut.

Dengan adanya akselerasi vaksinasi Covid-19 ini, kata Luhut, diharapkan jalannya aktivitas ibadah umat Muslim dalam Ramadan dan Idulfitri nanti tetap dapat berjalan maksimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kita berharap aktivitas umat Muslim dalam Ramadan nanti tetap dalam berjalan maksimal dengan tetap menjalankan prokes sehingga tidak terjadi lonjakan kasus," ucap Luhut.

Rekomendasi