Bakal Terus Bermanuver, PKB Akan Lobi Ketum Parpol Soal Wacana Penundaan Pemilu 2024

| 15 Mar 2022 15:27
Bakal Terus Bermanuver, PKB Akan Lobi Ketum Parpol Soal Wacana Penundaan Pemilu 2024
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Antara)

ERA.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap konsisten mengusulkan penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kekinian, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mulai bermanuver untuk menggolkan usulan tersebut.

Cak Imin mengaku, akan melakukan lobi-lobi dengan ketua-ketua umum partai politik untuk membahas wacana penundaan Pemilu 2024. Diharapkan semua partai politik dapat satu suara mengenai Pemilu mendatang.

"Kita masih menunggu ketua umum ketua umum. Tentu saja (lobi-lobi)," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Namun, Cak Imin tidak merinci lobi politik apa yang dilakukan. Ia hanya berujar tetap terus melakukan komunikasi dan pertemuan.

"Kalau ketemu ngobrol gitu saja," kata Cak Imin.

Dia juga enggan menjawab kapan dan dengan siapa pertemuan agenda pertemuan dengan ketum-ketum parpol ke depannya. Cak Imin memilih untuk merahasiannya.

"Rahasia, rahasia," kata Cak Imin.

Untuk diketahui, wacana penundaan Pemilu 2024 kembali mencuat setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda maksimal dua tahun. Alasannya untuk pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Usulan dan alasan serupa juga pernah diutarakan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Balil Lahadalia.

Wacana tersebut kemudian mendapat dukungan dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Namun, sejumlah partai politik pendukung pemerintah seperti PDIP, NasDem, Gerindra, dan PPP tegas menolak wacana tersebut.

Rekomendasi