Bantu Perkembangan UMKM, Lancar by Danamas Tawarkan Pinjaman hingga Rp2 Miliar

| 18 Mar 2022 18:58
Bantu Perkembangan UMKM, Lancar by Danamas Tawarkan Pinjaman hingga Rp2 Miliar
Launching Lancar by Danamas (ist)

ERA.id - Perusahaan peer to peer (P2P) lending PT Pasar Dana Pinjaman (Danamas), anak usaha PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA), merilis layanan terbarunya, Lancar by Danamas pada 15 maret 2022.

Produk ini merupakan layanan kredit beragunan, terutama aset properti, dan dikhususkan untuk pembiayaan permodalan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

CEO Danamas, Joyce Andries mengatakan, Lancar by Danamas lahir menjawab kebutuhan masyarakat akan permodalan yang masih sangat besar, apalagi masih banyak masyarakat dan UMKM yang belum terlayani bank.

"Itu pasar yang besar, apalagi di Indonesia kebanyakan P2P lending banyak yang melayani wilayah Jakarta saja, sedikit yang bermain di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Lancar by Danamas sendiri akan banyak bermain di luar Jakarta," ujar Joyce, dalam keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022).

Selain itu, tawaran perusahaan fintech lending ini bisa diikuti individu mau pun lembaga secara online, tanpa harus tatap muka.

“Prosesnya cepat, limit besar hingga Rp2 miliar, dan yang terpenting aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), AFPI, dan Kominfo,” ujarnya.

Lancar by Danamas, terang Joyce, menawarkan pinjaman online tanpa ribet.

Jumlah pinjaman antara Rp50 juta hingga Rp2 miliar dengan masa tenor minimum 1 tahun hingga 10 tahun. Suku bunganya rendah, mulai dari 14 persen pertahun dengan biaya administrasi hanya 1 persen hingga 2 persen.

“Pinjaman dengan agunan properti ini pengajuannya cepat dengan bunga yang relatif rendah. Contoh, untuk pinjaman Rp100 juta dengan tenor 2 tahun, cicilannya hanya Rp4,8 jutaan pertahun,” tuturnya.

Lancar by Danamas menjadi salah satu terobosan Danamas untuk mengatasi masih rendahnya tingkat utilisasi aset di Indonesia, khususnya segmen menengah dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Di Indonesia, tutur Joyce, terdapat lebih dari 60 juta UMKM, namun financing gap dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia.

Diperkirakan sekitar 6 juta pelaku UMKM yang memiliki properti seperti ruko, rumah, dan apartemen, memerlukan modal usaha untuk mengembangkan bisnis, namun hanya beberapa yang dapat diakses financing dari bank.

“Alasan utama kami menawarkan produk Lancar by Danamas dan melakukan inovasi teknologi adalah untuk mendorong inklusi keuangan bagi jutaan orang Indonesia, baik individu maupun usaha kecil, melalui pelayanan yang tepat waktu, transparan dan modal terjangkau,” terang Joyce.

Pada tahap awal aplikasi Lancar by Danamas akan memperkenalkan 3 produk jasa, menyasar segmen karyawan atau profesional dan pemilik usaha baik individu maupun institusi. Jumlah pinjaman yang ditawarkan bisa mencapai nilai maksimum Rp2 miliar (sesuai syarat dan ketentuan berlaku) dengan maksimal tenor 10 tahun.

Tags : pinjaman kredit
Rekomendasi