Ciptakan Lapangan Kerja, Kiat dan Solusi Mengembangkan Bisnis UMKM

| 17 Jul 2023 16:00
Ciptakan Lapangan Kerja, Kiat dan Solusi Mengembangkan Bisnis UMKM
Ilustrasi bisnis (Foto: Pexels/Jopwell)

ERA.id - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu pilar utama dan memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. 

Tidak hanya itu, keberadaan UMKM di Indonesia juga menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong kesejahteraan masyarakat. Kiat dan solusi cerdas mengembangkan bisnis UMKM dari keterangan resmi FIFGROUP

1. Digitaliasi Bisnis

Salah satu aspek utama yang mendukung pertumbuhan bisnis para pelaku UMKM adalah kecepatan beradaptasi dengan perkembangan digitalisasi yang terjadi. Digitalisasi menjadi faktor penting dalam perkembangan usaha saat ini. Pelaku UMKM perlu memanfaatkan teknologi informasi, seperti pemanfaatan internet, media sosial, dan aplikasi bisnis, untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi operasional.

Microfinancing Partnership and Marketing Development Head FIFGROUP, Riezky Candra Novariz, mengatakan kemampuan para pelaku UMKM dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi digital sangatlah penting. 

Misalnya, menggunakan aplikasi akuntansi untuk pencatatan keuangan yang akurat, aplikasi manajemen inventaris untuk mengelola stok barang, atau platform e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar.

“Utilisasi aplikasi digital akan mempermudah operasional, meningkatkan efisiensi, dan membantu pelaku UMKM bersaing di era digital. Saat ini digital platform sudah sangat menjamur saat ini, banyak aspek operasional bisnis yang sudah dapat di-support dengan menggunakan aplikasi digital yang saat ini sudah ada”, kata Riezky.

Lebih lanjut, Riezky menjelaskan Pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan aplikasi digital yang sudah menjamur saat ini untuk membantu proses pemasaran dan mendapatkan pelanggan baru. 

Misalnya, menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk, berpartisipasi dalam marketplace online, atau menggunakan aplikasi khusus untuk menjalankan program loyalitas pelanggan. 

Dengan memanfaatkan aplikasi digital, pelaku UMKM dapat lebih mudah menjangkau target pasar dan meningkatkan penjualan.

2. Pengelolaan Keuangan yang Baik

Di dalam program FINARIA, terdapat empat strategi khusus yang perlu diperhatikan oleh para pelaku UMKM, yaitu fokus pada strategi bisnis, yaitu UMKM harus mempu untuk fokus pada keberlangsungan bisnis yang dijalankan dengan tetap memperhatikan dan menganalisis kompetitor dan pasar, sehingga bisnis yang dijalankan tetap kompetitif dalam persaingan dan juga bisa memenuhi kebutuhan pasar yang dinamis.

Strategi berikutnya adalah manajemen keuangan yang baik dengan terus memperhatikan arus kas secara tepat dan akurat. Penting bagi para pelaku UMKM dalam melihat arus kas masuk ataupun keluar, sehingga kondisi finansial bisnis tetap terjaga dalam kondisi yang baik. 

Modal juga menjadi salah satu bagian penting dalam pengelolan keuangan yang baik, di mana salah satu aspek penting dalam menjaga modal pada pengelolaan keuangan bisnis adalah pengajuan hutang yang bijak.

Untuk mendorong pengembangan bisnis, pelaku UMKM dapat mempertimbangkan pengajuan pinjaman yang bijak. Sebelum mengajukan pinjaman, lakukan analisis kebutuhan modal dengan cermat dan perhatikan kemampuan untuk membayar kembali pinjaman tersebut. 

Pilihlah sumber pinjaman yang tepat, dengan suku bunga dan syarat yang sesuai dengan kemampuan bisnis.

FINATRA merupakan salah satu layanan pembiayaan FIFGROUP yang menawarkan pinjaman khusus bagi para pelaku UMKM dengan beragam keuntungan dan kelebihannya. 

Melalui pengajuan pinjaman di FINATRA, dapat dilakukan dengan proses yang cepat, dengan limit Rp25 juta sampai Rp 500 juta, dan dibandingkan penyedia layanan pembiayaan lainnya, FINATRA menawarkan proses pengajuan hanya dalam jangka waktu 3 hari.

Strategi berikutnya adalah pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Pengembangan bisnis yang baik dapat terjadi dengan baiknya kualitas SDM yang dikelola. Para pelaku UMKM harus mampu memilih dan mengelola SDM dengan efektif untuk memastikan operasional agar lebih lancar. 

Terakhir, para pelaku UMKM harus bisa menjaga kualitas produk yang dijual. Kualitas produk yang konsisten dapat meningkatkan daya jual bisnis, di mana customer saat ini sangan mempertahankan mutu produk untuk bisa sukses dalam pengembangan bisnisnya.

3. Optimalisasi Dompet Digital

Salah satu pergeseran perilaku customer saat ini adalah penggunaan dompet digital (e-wallet). 

Pemanfaatan aplikasi e-wallet dapat mempermudah transaksi bisnis, seperti menerima pembayaran dari pelanggan, memberikan promo dan diskon khusus melalui aplikasi e-wallet, serta menggunakan fitur QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk memudahkan pelanggan melakukan transaksi pembayaran.

e-wallet juga memberikan keuntungan dalam melacak transaksi secara digital dan mempermudah pelaporan keuangan. Salah satu platform e-wallet yang menawarkan promo khusus dan telah menaungi UMKM di sejumlah titik wilayah di Indonesia, yaitu platform e-wallet AstraPay milik PT Astra International Tbk. 

Saat ini AstraPay, menyediakan layanan e-wallet dan digital payment yang sudah dapat diakses menggunakan QRIS. AstraPay telah bekerja sama dengan sejumlah merchant mulai dari pembayaran tagihan, pembelian berbagai kebutuhan seperti pulsa, token listrik, dan beragam fitur pembayaran yang mudah untuk diakses.

Tags : kiat bisnis umkm
Rekomendasi