Sindiran Telak Menag Yaqut: Tidak Hanya Indonesia, di Arab Saudi Urusan Toa Diatur, yang Ribut Kurang Piknik!

| 30 Mar 2022 19:05
Sindiran Telak Menag Yaqut: Tidak Hanya Indonesia, di Arab Saudi Urusan Toa Diatur, yang Ribut Kurang Piknik!
Menag Yaqut saat menyampaikan pidato sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor di HUT ke-72 Republik Indonesia di Jawa Tengah, Kamis (17/8/2017). (ANTARA )

ERA.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyindir pihak yang masih meributkan aturan Kementerian Agama terkait pengeras suara masjid.

Hal ini disampaikan Yaqut saat membuka Konbes XXV Gerakan Pemuda (GP) Ansor pada Rabu (30/03/2022).

Menurut Menag Yaqut, pihak yang meributkan toa masjid merupakan orang-orang yang kurang piknik. Sebab, kata dia, Pemerintah Arab Saudi juga melakukan hal yang sama dengan Indonesia.

"Ternyata di Saudi sama dengan indonesia, urusan toa pun diatur," jelas Yaqut.

Dia pun mendoakan pihak yang meributkan soal aturan pengeras suara atau toa masjid untuk bisa piknik, setidaknya melakukan umroh di Arab Saudi.

"Jadi yang ribut itu kita doakan bisa piknik, setidaknya umroh lah di Saudi supaya tau toa itu diatur di Saudi sana bukan hanya di Indonesia," jelas Menag Yaqut.

"Masih mau ribut soal toa? kalau saya teruskan pasti ribut lagi nih nanti," Sindir dia.

Sebelumnya, pada Februari lalu,Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan aturan mengenai penggunaan pengeras suara di masjid maupun musala.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama No SE 05 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

Yaqut mengatakan, aturan mengenai penggunaan pengeras suara di masjid dan musala merupakan kebutuhan bagi umat Islam sebagai salah satu media syiar Islam di tengah masyarakat.

Namun, di satu sisi masyarakat Indonesia beragam, baik agama, keyakinan, latar belakang, dan lainnya. Sehingga, diperlukan upaya untuk merawat persaudaraan dan harmoni sosial.

"Pedoman diterbitkan sebagai upaya meningkatkan ketenteraman, ketertiban, dan keharmonisan antarwarga masyarakat," kata Yaqut melalui keterangan tertulisnya.

Namun, aturan tersebut pun menimbulkan pro dan kontra.

Kami juga pernah menulis soal Menag Gus Yaqut Bawa Kabar Baik Jelang Ramadan: Kapasitas Masjid Bisa 100 Persen Asal.. Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tags : menag yaqut
Rekomendasi