Satgas COVID-19 Bawa Kabar Baik: Pandemi di Indonesia Semakin Membaik, Ini Buktinya

| 13 Apr 2022 10:39
Satgas COVID-19 Bawa Kabar Baik: Pandemi di Indonesia Semakin Membaik, Ini Buktinya
Siti Nadia Tarmizi (BNPB)

ERA.id - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmidzi mengatakan kasus konfirmasi COVID-19 terjadi penurunan yang signifikan kalau dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

“Hal itu menunjukkan bahwa sistem ketahanan kesehatan Indonesia selama pandemi ini berjalan dengan baik,” katanya pada konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa (12/4).

Kasus konfirmasi dilaporkan sebanyak 2.930, ada peningkatan kalau dibandingkan dengan beberapa hari sebelumnya. Begitu pun dengan kasus kematian, telah terjadi penurunan dibanding minggu sebelumnya yaitu sebanyak 33%.

Sementara angka positifity rate setiap Minggu sudah pada 4,6 persen, sementara angka positif harian dilaporkan 3 persen, angka ini sudah di bawah daripada angka Who yaitu 5 persen.

“Tetapi walaupun kita melihat penurunan ini tetap bisa mendeteksi dan melokalisir kasus-kasus dengan cepat sehingga tidak terjadi perluasan kasus” ucap Nadia.

Secara total kasus konfirmasi nasional terjadi penurunan. Minggu lalu sekitar 3 ribuan kasus dan sekarang sekitar 2.500 kasus. Tetapi kita tetap harus waspada karena dalam beberapa hari ini terjadi peningkatan proporsi kasus baru di Jawa –  Bali.

Ada 5 provinsi yang diwaspadai mengingat adanya peningkatan kasus positif hasil dari pemeriksaan PCR. 5 provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, dan Bali.

Nadia menilai peningkatan kasus positif ini akan meningkatkan risiko laju penularan yang lebih tinggi. Namun demikian, peningkatan kasus positif ini tidak setinggi seperti sebelumnya.

Seperti di DKI Jakarta berada di angka 0,1 persen, Jawa Tengah pun di bawah 0,1 persen, begitupun dengan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, dan Bali yang berada dibawah 0,1 persen.

“Tetapi kalau kita melihat angka-angka ini kita harus waspada bahwa setidaknya ada 5 provinsi yang terjadi angka peningkatan positif COVID nya,” ucap Nadia.

Rekomendasi