Ma'ruf Amin Sebut Uang Haji Dipakai Dulu untuk IKN, Cek Faktanya...

| 20 Apr 2022 16:28
Ma'ruf Amin Sebut Uang Haji Dipakai Dulu untuk IKN, Cek Faktanya...
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Dok. Sekretariat Presiden)

ERA.id - Akun Facebook Sultan Sultan pada 2 April 2022 pukul 11.15 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel yang dibawah judul terdapat keterangan nama Dany Garjito dan Fita Nofiana.

Artikel tersebut berjudul “Ma’ruf Amin Sebut Uang Haji Dipakai Dulu untuk IKN Haji Dipakai Dulu untuk IKN dan Infrastruktur”.

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Rabu (20/4/2022), setelah ditelusuri melalui google dengan memasukan kata kunci “Ma’ruf Amin Sebut Uang Haji Dipakai Dulu untuk IKN Haji Dipakai Dulu untuk IKN dan Infrastruktur” dan mencocokan dengan keterangan tanggal yaitu 01 April 2022 pukul 17.42 WIB ditemukan artikel asli milik Suara.com berjudul “CEK FAKTA: Benarkah Ma’ruf Amin Sebut Uang Haji Dipakai Dulu untuk IKN dan Infrastruktur?”.

Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak pada penggunaan gambar Ma’ruf Amin serta keterangan nama Dany Garjito dan Fita Nofiana. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel di Facebook telah disunting pada bagian judul. Artikel tersebut milik Suara.com dan judul artikel yang asli adalah “CEK FAKTA: Benarkah Ma’ruf Amin Sebut Uang Haji Dipakai Dulu untuk IKN dan Infrastruktur?” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Rekomendasi