Setelah Mafia Minyak Goreng, Kini Giliran Erick Thohir Sebut Ada Mafia Bibit, Nasdem: Jika Ada, Kami Minta Mentan Mundur

| 25 Apr 2022 11:44
Setelah Mafia Minyak Goreng, Kini Giliran Erick Thohir Sebut Ada Mafia Bibit, Nasdem: Jika Ada, Kami Minta Mentan Mundur
Erick Thohir (Antara)

ERA.id - Partai NasDem meminta penjelasan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terkait pernyataan soal adanya mafia bibit di sektor pertanian.

Wasekjen Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim menegaskan jika tudingan tersebut terbukti, maka NasDem akan mendesak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mundur dari jabatannya. Diketahui, Syahrul Yasin Limpo merupakan kader NasDem.

"Kalau hal itu ada (mafia bibit), maka NasDem akan mendesak Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mengundurkan diri dari kabinet karena telah mencederai misi pengabdian restorasi yang diamanatkan oleh partai kepada beliau," kata Hermawi melalui keterangan tertulisnya, Senin (25/4/2022).

Selain itu, Hermawi mengatakan, jika memang ada bukti kuat terkait dugaan penyimpangan di Kementerian Pertanian, maka NasDem pun meminta KPK atau Kejaksaan Agung untuk segera mengusut tuntas.

Di sisi lain, NasDem juga mempertanyakan adanya pernyataan yang terkesan tiba-tiba dari Menteri BUMN Erick Thohir terkait adanya mafia di Kementan.

"NasDem juga ingin bertanya kepada Erick Thohir kok ujug-ujug ngomong soal mafia di Kementan. Apakah Erick Thohir sedemikian yakin bahwa di Kementerian BUMN tidak ada mafia?" kata Hermawi.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan Kuliah Umum di Universitas Padjadjaran mengungkap ada mafia bibit di sektor pertanian.

"Bibit pun ada mafianya. Banyak petani mendapatkan bibit yang hybrid, yang salah, sehingga ketika tumbuh tidak baik," tuding Erick.

Karenanya, Erick pun berharap agar praktik mafia tidak bisa dibiarkan berkembang karena menurunkan kualitas bibit yang diterima petani.

Rekomendasi