Simulasi Capres-Cawapres 2024 Versi Charta Politika: Pasangan Ganjar-Sandi Ungguli Prabowo-Puan

| 25 Apr 2022 19:56
Simulasi Capres-Cawapres 2024 Versi Charta Politika: Pasangan Ganjar-Sandi Ungguli Prabowo-Puan
Ganjar Pranowodan Prabowo Subianto (Antara)

ERA.id - Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terbaru terkait simulasi tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024.

Hasilnya, pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani.

Berdasarkan survei Charta Politika, simulasi pasangan Ganjar-Sandiga mencapai 34,3 persen. Kemudian Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa mencapai 27,3 persen. Sementara pasangan Prabowo-Puan hanya 23,8 persen.

"Kalau kita lihat, Ganjar ada di angka 34,3 persen. Jadi tinggi sekali dibandingkan pasangan Anies-Khofifah. Menyalib posisi Pak Prabowo dengan Puan Maharani dengan angka 23,8 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam rilis survei secara daring, Senin (25/4/2022).

Ganjar juga masih mengungguli pasangan Prabowo-Puan, meskipun dipasangkan dengan tokoh lain seperti Erick Thohir dan Khofifah Indar Parawansa.

Yunarto menuturkan, jika Gajar dipasangkan dengan Erick Thohir mencapai 33,6 persen. Sementara Prabowo-Puan hanya 23,3 persen.

Sedangan jika Ganjar berpasangan dengan Khofifah akan memperoleh suara sebanyak 33,3 persen. Namun pasangan Prabowo-Puan hanya memperoleh 24,5 persen.

"Jadi kalau saya urutkan, Mas Ganjar ini paling tinggi dengan Sandi, kemudian Erick Thohir. Ketiga denga Khofifah. Kita tahu kombinasi pasangan ini masih mungkin berubah," kata Yunarto.

Survei Charta Politika digelar pada tanggal 10-17 April 2022 di_di_122 desa/kelurahan yang tersebar di Indonesia. Total sebanyak 1.220 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling.

Adapun margin of error survei ini - 2,83 persen pada tingkat kepercayaan atau level of confidence sebesar 95 persen.

Rekomendasi