Tidak Mudik, Sandiaga Uno Jaga Tempat Wisata di Jakarta

| 30 Apr 2022 17:40
Tidak Mudik, Sandiaga Uno Jaga Tempat Wisata di Jakarta
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (Dok. Kemenparekraf)

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa dirinya tidak akan melakukan perjalanan mudik saat Lebaran Idulfitri 1443 H.

Dia menyebutkan di Hari Raya Idul Fitri dirinya akan tetap berada di Jakarta, sebab seluruh keluarganya berada di Ibu Kota. "Di momen lebaran jam 12 kami [dan keluarga] akan memantau tiga destinasi wisata seperti Ragunan, Ancol, dan TMII. Kami akan berkegiatan silaturahmi dan menyicip produk ekonomi kreatif. Puasa itu turun tiga kilo, setelah lebaran naik dua kilo," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (30/4/2022).

Sebelumnya, Sandiaga memprediksi bahwa momen libur lebaran tahun 2022, akan berdampak pada pergerakan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mencapai hingga Rp72 triliun. Menurut Sandi, ada dua jenis wisatawan yang berkontribusi dalam perputaran uang jumbo tersebut, yakni wisatawan ‘rojali’ dan wisatawan ‘rohali’.

“[Mudik berpotensi] Rp72 triliun. Ngitungnya 80 juta dari Pak Menhub, berdasarkan data sebelumnya 40 persennya yang berwisata rohali, rombongan yang lihat-lihat, bayar retribusi, maupun yang rojali, rombongan yang beli produk-produk ekonomi kreatif. Kalau 40 persennya dikali 1,5 juta itu Rp72 triliun” ujar Sandi dalam acara Jelajah Bisnis Indonesia di kantor Bisnis Indonesia, Rabu (27/4/2022).

Rekomendasi