BMKG: Hujan Disertai Kilat dan Petir Akan Melanda Sejumlah Provinsi di Indonesia

| 03 May 2022 11:55
BMKG: Hujan Disertai Kilat dan Petir Akan Melanda Sejumlah Provinsi di Indonesia
(ANTARA)

ERA.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi melanda sejumlah provinsi di Indonesia pada Selasa (3/5/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG di Jakarta, Selasa, sejumlah provinsi yang mengalami prakiraan cuaca tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

Provinsi lain yang juga berpotensi dilanda cuaca serupa adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku Utara, seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, BMKG mengimbau pemudik yang menggunakan jalur darat memperhatikan informasi cuaca, terlebih masa mudik Lebaran tahun ini bertepatan dengan pancaroba.

Pemudik perlu waspada, karena perubahan cuaca saat pancaroba yang dinamis dan tidak menentu. Pemudik juga diimbau selalu memperbarui informasi cuaca agar tetap berhati-hati membawa kendaraan sehingga perjalanan mudik menjadi aman dan nyaman.

Rekomendasi