Waspada! Angin Kencang Landa Jabodetabek, Pohon Tumbang hingga Atap Rumah Terbawa Angin

| 05 Mar 2022 13:31
Waspada! Angin Kencang Landa Jabodetabek, Pohon Tumbang hingga Atap Rumah Terbawa Angin
Ilustrasi (Foto: Antara)

ERA.id - Angin kencang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya di Jabodetabek pada Sabtu siang (5/3/2022). Angin kencang ini berdampak pada tumbangnya sejumlah pohon hingga atap rumah terbang terbawa angin.

Dilihat ERA di media sosal Twitter, banyak dari warganet yang melaporkan angin kencang di wilayah masing-masing. Salah satunya akun bernama @reariska4.

Ia mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan atap rumah seorang warga di daerah BSD, Tangerang Selatan (Tangsel) terbang terbawa angin.

"Angin kencang atap rumah terbang daerah BSD tangsel," kata akun @reariska4.

"Hasil angin kencang siang hari, terpantau atap menjadi bolong wkwk," tulis akun @abishamoon.

Angin kencang juga membuat sejumlah pohon di Gandul, Cinere, Depok tumbang. Hal itu dibagikan oleh akun Twitter @KentArockerss.

"Kawasan Gandul Cinere Ikan angin. Pohon tua di Gandul Empire roboh. Utk yang melintas jangan berteduh dekat pohon pohon besar ya. Rawan tumbang," kata dia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan berintensitas sedang hingga lebat disertai petir dan kilat, serta angin kencang, di sebagian besar wilayah Indonesia, Sabtu (5/3/2022).

Dilansir dari laman web BMKG, hujan berintensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Selain itu, berpotensi terjadi di Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan.

Hujan disertai kilat dan petir berpotensi terjadi di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Timur, sedangkan hujan lebat diprakirakan berpotensi terjadi di Lampung dan Sulawesi Utara. Hujan berintensitas ringan berpotensi terjadi di Sumatera Utara.

Sementara itu, menurut BPBD DKI Jakarta melansir BMKG, hujan lebat disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek hingga pukul 16.00 WIB.

"UPDATE INFO PERINGATAN DINI #CUACA WILAYAH JABODETABEK. Durasi : Sabtu, 05 Maret 2022, Pukul 13.10 WIB s.d pukul 16.00 WIB,"  tulis akun Twitter @BPBDJakarta.

"Prediksi : Masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang."

Rekomendasi