Megawati Yakin Korsel dan Korut Bisa Bedamai: Kuncinya Harus Diselesaikan Lewat Dialog

| 11 May 2022 18:02
Megawati Yakin Korsel dan Korut Bisa Bedamai: Kuncinya Harus Diselesaikan Lewat Dialog
Presiden kelima Indonesia yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat mendapatkan gelar profesor kehormatan tertinggi dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan, di Seoul, Rabu (11/5/2022). ANTARA/HO-PDI Perjuangan

ERA.id - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri yakin kelak Korea Selatan dan Korea Utara bisa bersatu. Dia berhadap kedua negara itu menjadi satu negara Korea.

Hal itu sampaikan Megawati saat menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA) Korea Selatan, Rabu (11/5/2022).

"Saya meyakini perdamaian Korea, perdamain dunia suatu saat dapat terwujud," kata Megawati.

Megawati lantas mengungkapkan sebuah semboyan dalam bahasa sansekerta yaitu Satyameva Jayate yang berarti kebenaran akan terungkap. Berpegang pada semboyan itu, dia meyakini Korea akan menjadi satu kesatuan.

"Satyameva jayate, artinya suatu saat kebenaran itu akan terbukti, artinya suatu saat Korea akan jadi Korea," kata Megawati sembari menahan tangis.

Ketua Umum PDIP itu mengungkapkan, ada satu kunci yang bisa mewujudkan perdamaian di Korea yaitu melalui dialog di semenanjung Korea.

"Kuncinya persoalan di semenanjung Korea harus diselesaikan melalui jalan dialog, jalan kebudayaan, jalan yang meretas kepercayaan dan penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan," kata Megawati.

Dia bahkan meyakini, rakyat Korea adalah satu bangsa dan satu jiwa sehingga ingin pula bersatu. Apalagi, keduanya memiliki kebudayaan yang sama.

"Hal itu saya yakini, saya yakini juga menjadi dambaan seluruh bangsa Korea," pungkasnya.

Rekomendasi