Ridwan Kamil Jawab Peluang Dampingi Airlangga di Pilpres 2024: Kalau Sudah Takdirnya

| 16 May 2022 11:23
Ridwan Kamil Jawab Peluang Dampingi Airlangga di Pilpres 2024: Kalau Sudah Takdirnya
Ridwan Kamil (Antara)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil belum mau menjawab lugas mengenai peluangnya menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengatakan, hanya menunggu takdir.

Hal itu disampaikan usai Kang Emil bertamu ke rumah dinas Menteri Koordinator bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (15/5/2022).

"Belum sampai ke tahap itu (bicara mengenai peluang jadi cawapres 2024). Tapi kalau takdirnya sudah sampai ke situ, pertanyaannya pasti juga bisa dijawab dengan mudah," kata Kang Emil.

Meski belum ada pembicaraan maupun pinangan untuk menjadi cawapres, Kang Emil mengaku mendukung niat Airlangga yang hendak maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

Dia juga memastikan akan membalas kebaikan Partai Golkar yang mengusung dan memenangkannya di Jawa Barat.

"Saya mendukung cita-cita Pak Airlangga. Kapasitas beliau dan tangung jawab juga besar, termasuk kalau nanti ada dimensi-dimensi politik yang mungkin tidak bisa dihitung dari sekarang," kata Kang Emil.

"Pasti saya berbalas budilah terhadap dukungan Golkar di Jawa Barat," imbuhnya.

Silaturahmi Lebaran Hingga Bicara Soal Koalisi

Sementara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku pertemuan ini dalam rangka silaturahmi seusai Lebaran. Beberapa hal yang dibahas Airlangga dan Kang Emil adalah kondisi perekonomian di Jawa Barat.

Selain itu, Airlangga mengaku keduanya juga membahas urusan politik.

"Tentu dalam pembicaraan tersebut, kami membahas hal lain, yang tentu terkait juga perkembangan politik saat ini, di mana tentu selama ini Pak Emil selaku Gubernur Jawa Barat juga didukung Partai Golkar agar kerjaannya bisa berjalan dengan lancar," tuturnya.

Kang Emil menambahkan, dirinya sempat menyampaikan respons masyarakat Jawa Barat terkait koalisi Indonesia Bersatu yang dibentuk Golkar, PAN dan PPP. Kang Emil menangkap, wqrganya merespons koalisi dengan positif.

“Ketiga ada berita koalisi tuh, di bawah bagus responnya ke Pak Airlangga. Pak, koalisi ini responnya sangat positif dan harapan-harapan dan tentunya mudah-mudahan, ini mendukung sisa jabatan

Rekomendasi