Ridwan Kamil Temui Ketum Parpol Koalisi Indonesia Bersatu, PPP: Belum Bahas Capres

| 17 May 2022 07:10
Ridwan Kamil Temui Ketum Parpol Koalisi Indonesia Bersatu, PPP: Belum Bahas Capres
Ridwan Kamil (Dok. pemprov Jabar)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Dalam pertemuan itu Kang Emil sempat membicarakan soal Koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP.

Adapun Kang Emil dan Airlangga kerap digadang-gadang bakal maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Meski begitu, Ketua Dewan Pertimbangan PPP Muhamad Mardiono memastikan hingga saat ini Koalisi Indonesia Bersatu belum membahas mengenai capres maupun calon wakil presiden (cawapres). Koalisi itu baru membahas konsep kerja sama politik untuk 2024.

"Kami, ketiga partai, belum membahas capres dan cawapres. Melainkan baru permulaan untuk membicarakan kerja sama politik dalam Pemilu 2024 mendatang," kata Mardiono kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

Mardiono mengatakan, rencananya para ketua umum partai Koalisi Indonesia Bersatu akan kembali menggelar pertemuan dalam waktu dekat. Salah satu angenda yang akan dibahas masih seputar kerja sama politik untuk 2024.

"Tentu masalah teknis kerja sama politik itu yang kemudian kemudian selanjutnya melangkah pada pertemuan para pimpinan partai," katanya.

Meski begitu, Mardiono mengaku belum ada sinyal pada pertemuan selanjutnya ketiga partai akan membahas mengenai capres dan cawapres yang akan diusung.

"Belum dibahas," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertamu ke rumah dinas Menteri Koordinator bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (15/5) sore.

Usai bertemu dengan Airlangga, Kang Emil sempat menyampaikan respons masyarakat Jawa Barat terkait koalisi Indonesia Bersatu yang dibentuk Golkar, PAN dan PPP. Kang Emil menangkap, warganya merespons koalisi dengan positif.

“Ketiga ada berita koalisi tuh, di bawah bagus responsnya ke Pak Airlangga. Pak, koalisi ini responsnya sangat positif dan harapan-harapan dan tentunya mudah-mudahan, ini mendukung sisa jabatan saya,” katanya.

Untuk diketahui, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5) malam.

Airlangga mengaku bahwa pertemuan itu merupakan silaturahmi dalam rangka Hari Raya Idulfitri. Namun di samping itu, ketiganya jga mengaku sudah membicarakan koalisi untuk Pilpres 2024.

Sementara Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa mengatakan, mereka ingin mengumumkan sedini mungkin kerja sama yang akan terjalin sebelum Pemilu 2024 dimulai, sekaligus memperkuat kebersamaan tiga partai politik ini.

"Kita ingin menunjukkan atau mendemonstrasikan sebuah kerja sama yang jauh lebih awal dan lebih cantik itu antarsesama parpol untuk saling mengisi dan untuk saling memperkuat kebersamaan hal-hal yang sama itu bagaimana," kata Suharso.

Adapun koalisi antara Golkar, PAN, dan PPP diberi nama Koalisi Indonesia Bersatu.

Rekomendasi