Peringatan Lahir Pancasila di Ende, Trah Soekarno Tak Terlihat Hadir

| 01 Jun 2022 09:54
Peringatan Lahir Pancasila di Ende, Trah Soekarno Tak Terlihat Hadir
Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai inspektur pada Upacara Kenegaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (Dok. Antara)

ERA.id - Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022). Ini merupakan kali pertama upacara dipusatkan di luar Jakarta.

Adapun Presiden Joko Widodo akan berindak sebagai inspektur upacara.

Berdasarkan pantaun dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, terlihat sejumlah tokoh hadir langsung di Lapangan Pancasila Ende. Diantaranya yaitu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensos Tri Rismaharini, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit.

Sementara hadir secara virtual yaitu Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta Wakil Ketua Dewan Pengarah Try Sutrisno.

Namun, tidak terlihat satu pun trah Soekarno mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Presiden RI kelima yang juga putri Soekarno, Megawati Soekarnoputri tidak terlihat hadir langsung maupun virtual.

Demikian juga dengan Ketua DPR RI yang juga cucu Soekarno, Puan Maharani terlihat absen secara langsung dan virtual. Adapun Puan saat ini memang berada di luar negeri untuk urusan parlemen.

Meski begitu, dalam sambutannya, Presiden Jokowi tetap menyapa Megawati.

"Yang saya hormati, Wakil Presiden Bapak Ma'ruf Amin, Presiden kelima Indonesia Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Presiden Jokowi

Sebelumnya, Megawati tidak pernah absen mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Meskipun di tengah masa pandemi Covid-19, Ketua Dewan Pengarah BPIP itu tetap mengikuti upacara secara virtual.

Rekomendasi