Sambut Kedatangan Jenazah Eril, Warga Ramai-ramai Kirim Doa dan Pesan di Gedung Pakuan: Bentuk Rasa Cinta

| 12 Jun 2022 11:01
Sambut Kedatangan Jenazah Eril, Warga Ramai-ramai Kirim Doa dan Pesan di Gedung Pakuan: Bentuk Rasa Cinta
Warga menuliskan pesan (Foto: Era.id/Anda Mahardika)

ERA.id - Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril bakal disemayamkan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/6/2022) malam. Masyarakat diizinkan untuk melayat jenazah Eril saat sudah tiba di Rumah Dinas Gubernur Jabar tersebut.

Warga diizinkan untuk mendoakan dan mensalatkan jenazah Eril jika sudah tiba di Gedung Pakuan. Sembari menanti kedatangan jenazah Eril, warga ramai-ramai datang untuk memberikan doa dan pesan melalui tulisan dalam selembar kertas warna-warni.

Dipantau pada Minggu (12/6/2022), warga terus berdatangan untuk menuliskan pesan dan kertas itu ditempel di dinding Ruang Rapat Biru Gedung Pakuan. Bahkan, ada salah satu warga sejak pagi datang ke Gedung Pakuan demi menulis pesan dan doa untuk Eril.

"Saya sengaja pagi-pagi ke sini, sudah dari kemarin-kemarin ingin ke sini, cuma baru hari ini sempat kesini," ungkap Ana Bakti kepada Era.id, saat ditemui di Gedung Pakuan Bandung pada Minggu (12/6).

Dalam pesan itu, Ana Bakti menuliskan duka cita sangat mendalam atas kepulangan Eril untuk selama-lamanya. Tak hanya itu, ia juga mendoakan keluarga Ridwan Kamil agar diberikan kekuatan dan ketabahan.

Warga menuliskan pesan (Foto: Era.id/Anda Mahardika)
Warga menuliskan pesan (Foto: Era.id/Anda Mahardika)

"Jadi saya menyampaikan duka cita yang terdalam sebagai bentuk rasa cinta kami, sebagai warga Bandung untuk menyampaikan cita dalam bagi keluarga Ridwan Kamil, sehubungan dengan berpulangnya ananda tercinta Eril," katanya.

Selain itu, salah satu warga di kota Bandung ini akan datang lagi ke Gedung Pakuan Bogor untuk mendoakan jenazah Eril secara langsung pada malam hari. Ia juga sudah meminta izin kepada pihak keamanan di Gedung Pakuan.

"Ya, InsyaAllah nanti malam, kami sempatkan datang lagi ke sini. Andai jenazah datang ke gedung pakuan InsyaAllah. Tadi saya sudah menanyakan kepada security, warga boleh datang dari jam 22.00 WIB sampai pagi. Jadi masyarakat bisa datang kesini, diperbolehkan untuk hadir ke sini." lanjutnya.

Seperti diketahui, Eril yang terseret arus sungai di Sungai Aare, Swiss saat berenang bersama adiknya dan kawan-kawannya akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di Bendungan Engehalde Bern pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB pada Rabu (8/6) setelah hilang selama dua pekan. Jenazah Eril ditemukan oleh seorang guru SD di Swiss, Geraldine Beldi.

Jenazah Eril akan disemayamkan dan disalatkan di Gedung Negara Pakuan, Bogor pada Minggu (12/6) pukul 22.00 WIB hingga Senin (13/6) pukul 08.00 WIB. Selanjutnya, Eril bakal dimakamkan di lokasi pembangunan Islamic center, Cimaung Banjaran, Bandung pada Senin, 13 Juni 2022 pukul 11.00 WIB.

Rekomendasi