Sembilan Calon Jemaah Haji Tertunda Berangkat ke Tanah Suci

| 12 Jun 2022 19:50
Sembilan Calon Jemaah Haji Tertunda Berangkat ke Tanah Suci
Calon jemaah haji sedang mengantre

ERA.id - Sebanyak sembilan calon jemaah haji (CJH) tertunda diberangkatkan ke tanah suci. Beberapa faktor yang memengaruhi keberangkatan mereka, terutama karena kondisi fisiknya yang tidak mendukung untuk beribadah haji.

Hal itu disampaikan Koordinator Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, Minggu (12/6/2022). Hingga saat ini totalnya ada sembilan jemaah haji yang tertunda. Dua orang di antaranya dikarenakan hamil.

Sarip mengatakan bahwa satu orang lainnya merupakan pendamping yang hamil. Enam orang lainnya sakit dan tidak layak terbang. Ada yang sakit strok, ada yang DM (diabetus melitus) dan ada yang demensia.

Untuk para CJH yang terpaksa tertunda berangkat, akan bisa melaksanakan ibadah haji tahun depan. Selain melihat kondisi fisik CJH, juga melihat regulasinya seperti apa. Baik regulasi di pemerintah Indonesia maupun pemerintah Arab Saudi.

Kata Sarip, “Kita akan sesuaikan dengan kondisi tahun depan seperti apa.”

Sementara untuk CJH yang pemberangkatannya diundur karena masih dirawat di rumah sakit ada empat orang. Tiga orang dirawat di RS TNI AU dan satu orang harus dirujuk ke RSUD dr Moeardi.

”Mereka dari kloter (kelompok terbang ) 8, 9, 11, dan 12. Untuk yang dirawat di RSUD dr Moewardi dari kloter 8,” katanya.

Perawatan di rumah sakit ini dikarenakan kondisi CJH yang memerlukan perawatan khusus. Saat kondisinya membaik dan mereka sudah sembuh, mereka akan diterbangkan di kloter berikutnya yang ada kekosongan kursi.

“Semua kami sesuaikan dengan open seat (ketersediaan kursi) yang ada,” ucapnya.

Sementara CJH yang tertunda berangkat karena tes polymerace chain reaction (PCR) sempat positif dari Kabupaten Grobogan, semua sudah diberangkatkan ke tanah suci. Mereka diikutkan dalam pemberangkatan di kloter 6 sebanyak empat jemaah, kloter 7 sebanyak empat jemaah dan kloter 8 sebanyak delapan jemaah.

”Semua sudah habis,” pungkasnya.

Hingga saat ini CJH yang sudah diberangkatkan dari Embarkasi Haji Solo menuju ke tanah suci ada sebanyak 4.244 jemaah. Sementara untuk jemaah yang sudah sampai di tanah suci ada sebanyak 3.891 jemaah.

Rekomendasi