Survei LSI Denny JA: Kemungkinan Ada 3 Poros di Pilpres 2024, Puan-Prabowo-Airlangga Jadi Tokoh Kunci

| 14 Jun 2022 16:12
Survei LSI Denny JA: Kemungkinan Ada 3 Poros di Pilpres 2024, Puan-Prabowo-Airlangga Jadi Tokoh Kunci
Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Prabowo Subianto (Antara)

ERA.id - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melalui hasil risetnya menyatakan pada Pilpres 2024 mendatang bakal ada 3 pasang calon presiden dan calon wakil presiden.

Penliti LSI Ardian Sopa mengatakan tiga pasangan calon tersebut berpusat di tiga poros yang memiliki tiket untuk mengajukan capres-cawapres

Ketiga poros yang nantinya akan muncul yakni Puan Maharani yang berasal dari Poros PDIP, Airlangga Hartarto yang merupakan posor Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Prabowo Subianto yang merupakan poros Gerindra beserta partai lain yang belum berkoalisi.

Ketiga poros tersebut, kemungkinan bakal mengajukan pasangan calon masing-masing di Pilpres 2024 dan akan menjadi capres ataupun cawapres, jelas Ardian.

"Baik poros PDIP ataupun poros KIB masih bisa menambah partai lain untuk koalisi, sehingga menutup peluang lahirnya pasangan keempat," tambah dia.

Sementara itu, terkait dengan hasil survei sejumlah calon yang disebut-sebut akan maju pada Pilpres 2024, Prabowo Subianto tetap memiliki elektabilitas paling tinggi atau mencapai 28,9 persen.

Sementara Ganjar Pranowo berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 23,5 persen dan Anies Baswedan berada di posisi ketiga yakni 14,6 persen.

"Prabowo, Ganjar dan Anies, tiga tokoh tertinggi elektabilitasnya," kata Ardian Sopa.

Prabowo kata Ardian Sopa, meeski memiliki elektabilitas tertinggi, namun kini sudah jauh berkurang jika dibandingkan dengan dukungannya di Pilpres 2019 lalu.

Rekomendasi