Isu Reshuffle Kabinet 'Memanas', PAN Prioritaskan Zulkifli Hasan Jadi Calon Menteri

| 14 Jun 2022 19:14
Isu Reshuffle Kabinet 'Memanas', PAN Prioritaskan Zulkifli Hasan Jadi Calon Menteri
Yandri Susanto (Foto: Instagram/ yandri susanto)

ERA.id - Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan partainya akan memprioritaskan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, apabila Presiden Joko Widodo meminta kader partainya menjadi slaah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju.

"Ya Pak Zul prioritas lah," kata Yandri di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Terkait dengan posisi apa yang akan diberikan kepada PAN, Yandri mengaku partainya menyerahkan keputusan tersebut kepada Jokowi.

Yandri bilang, kader PAN siap ditempatkan dimanapun. Sehingga tak ada masalah dengan posisi menteri yang akan diberikan Jokowi kepada PAN.

"Kita pada prinsipnya PAN siap dimanapun lah ya untuk pengabdian kepada negara kalau pak Jokowi meminta ingin menempatkan kader PAN," kata Yandri.

Ketua Komisi VIII DPR RI itu menegaskan, semua kembali kepada Presiden Joko Widodo. Menurutnya, kalau memang ada reshuffle maka semua menjadi hak prerogatif presiden.

"Sekali lagi itu terserah Pak Jokowi, pak Jokowi yang tahu kebutuhannya kan jadi kita tunggu saja kalau memang ada reshuffle siapa yang kena siapa yang masuk kabinet kita tunggu saja Pak Jokowi," katanya.

Belakangan isu reshuffle kembali menguat. Dikabarkan perombakan kabinet akan diumumkan pada 15 Juni 2022 bertepatan dengan hari Rabu Pon. Nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan disebut-sebut bakal mendapatkan jatah kursi menteri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut belum ada agenda terkait reshuffle. Isu perombakan kabinet belakangan ini kembali terdengar.

"Belum, belum," kata Jokowi di Masjid At-Taufiq, Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jalan Lenteng Agung Nomor 99, Jakarta Selatan, Rabu (8/7/2022).

Jokowi tak menjawab saat ditanya kapan kira-kira reshuffle kabinet akan dilakukan. Dia malah meninggalkan lokasi.

Adapun, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno sempat merespons soal reshuffle kabinet yang kabarnya digelar pada 15 Juni 2022. Namun, jawabnnya tak tegas.

"Nanti kalau sudah ada jadwal (reshuffle), bocorin dikit-dikit," kata Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6).

Rekomendasi