Pastikan KIB Tak Diinisiasi Jokowi, Zulhas Tanya ke Airlangga dan Suharso Saat Pertemuan Pertama: Sudah Lapor Pak Jokowi?

| 15 Jun 2022 10:17
Pastikan KIB Tak Diinisiasi Jokowi, Zulhas Tanya ke Airlangga dan Suharso Saat Pertemuan Pertama: Sudah Lapor Pak Jokowi?
Zulkifli Hasan (Foto: Antara)

ERA.id - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bukan koalisi yang diinisiasi Jokowi. Justru koalisi ini bermula dari pertemuannya dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang dianggap memiliki kesamaan perspektif dengan partai mengenai persoalan bangsa.

"Kalau gitu kita coba mulai berdua gagasan ini, nanti pelan-pelan kalau ada yang mau kita yakinkan sama-sama, ramai-ramai," katanya dalam Youtube Akbar Faisal Uncencored, dikutip Rabu (15/6/2022).

Ia menyebutkan kalau hanya berkoalisi berdua maka dianggap 'kurang gagah'. Akhirnya mereka memutuskan untuk mengajak Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa ikut bergabung dengan koalisi mereka.

"Apa cukup bertiga? Saya kira nggak, persoalan bangsa ini besar. Nggak mungkin cuma bertiga," katanya.

Ia menegaskan Jokowi bukan inisiator adanya koalisi ini. Justru Jokowi kaget dengan adanya KIB. Ia menceritakan pertemuan pertama antara dirinya dengan Airlangga dan Suharso.

"Pak Harso, Pak Airlangga, untuk pertemuan pertama nih, sudah lapor bapaknya belum, anda kan menteri, kalau saya nggak. Belum, karena ini urusan partai pak, nantilah kalau sudah terjadi, nanti kami akan lapor," kata Zulhas.

Soal adanya relawan Projo dalam pertemuan KIB, ia mengaku tak tahu. Tapi saat itu Golkar yang menjadi tuan rumah.

"Nanti sebulan lagi kami yang akan jadi tuan rumah, tentu saya nanti juga bisa bikin kejutan," katanya.

Rekomendasi