Masih Penjajakan Koalisi dengan PKB, Sekjen PKS: Belum Ada 'Janur Melengkung'

| 15 Jun 2022 10:51
Masih Penjajakan Koalisi dengan PKB, Sekjen PKS: Belum Ada 'Janur Melengkung'
Aboe Bakar Alhabsyi (Foto: Instagram/ Habib_aboe)

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Aboe Bakar Al Habsyi menyebut partainya dengan PKB masih sama-sama melakukan penjajakan sebelum resmi memutuskan akan berkoalisi.

"Artinya semua proses koalisi belum ada yang pasti, semua penjajakan. Hal ini biasa dalam politik, termasuk juga komunikasi kami dengan PKB. Istilahnya sebelum ada janur melengkung, semua masih bisa terjadi," kata Aboe melalui keterangan tertulis, Rabu (15/6/2022).

Aboe mengibaratkan berkoalisi seperti mencari jodoh yang membutuhkan proses. Dia bilang untuk membangun sebuah koalisi memang tidak mudah, karena chemistry antar partai harus ketemu.

"Tak hanya itu, kita juga harus memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential treshold. Sebagai partai menengah ini adalah salah satu tantangan buat kami, karena PKB-PKS saja nggak cukup, harus cari satu partner lagi," kata Aboe.

Ketika nanti koalisi tiga parpol itu sudah terbangun, imbuhnya, kita juga harus membangun chemistry dengan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Tentunya ini masih memerlukan waktu, agar komunikasi dan penjajakan dapat dilakukan lebih baik lagi," pungkasnya.

Rekomendasi