PKS Tak Kapok Berkoalisi dengan Gerindra, Meski Pernah Gagal Menangi Pilpres

| 20 Jun 2022 09:33
PKS Tak Kapok Berkoalisi dengan Gerindra, Meski Pernah Gagal Menangi Pilpres
Salim Segaf (Dok. Antara)

ERA.id - Partai Keadilan Sejahteran (PKS) tak kapok jika harus kembali berkoalisi dengan Partai Gerindra pada Pilpres 2024. PKS masih membuka diri bekerja sama dengan partai manapun.

Adapun sebelumnya, PKB mengajak PKS dan Partai Demokrat berkoalisi bersama dengan Partai Gerindra pada Pilpres 2024 mendatang.

"Kalau politik enggak ada kapoknya," ujar Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Menurutnya selama ada kepentingan bersama, PKS bisa kembali berkoalisi dengan siapa saja, termasuk dengan Partai Gerindra.

"Selama kepentingan bisa ketemu insya Allah bisa," kata Salim.

Meski begitu, PKS belum menentukan dengan siapa akan berkoalisi. Dimanika politik saat ini, kata Salim, masih sangat cair dan segala peluang masih bisa terjadi. Salim memprediksi, peta koalisi baru akan terlihat dalam dua atau tiga bulan mendatang.

"Komunikasi akan terus berjalan sampai nanti mudah-mudahan ada poros. Kalau kita lihat kemungkinan ada tiga capres mudah-mudahan itu terwujud," kata Salim

Diketahui, PKS dan Partai Gerindra sempat berkoalisi pada Pilpres 2014 dan 2019 dengan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Dalam dua kali pilpres tersebut, keduanya mengalami kekalahan.

Usai Pilpres 2019, Partai Gerindra justru bergabung dengan koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo - Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Hal itu ditandai dengan ditunjuknya Prabowo sebagai menteri pertahanan. Sementara PKS masih setia berada di luar pemerintahan.

Rekomendasi