Eks Menkes Terawan Klaim Vaksin Nusantara Ampuh Lawan Omicron Varian Baru BA.4 dan BA.5

| 21 Jun 2022 07:43
Eks Menkes Terawan Klaim Vaksin Nusantara Ampuh Lawan Omicron Varian Baru BA.4 dan BA.5
Terawan Agus Putranto (Antara)

ERA.id - Mantan Menteri Kesehatan yang juga penggagas Vaksin Nusantara Terawan Agus Putranto mengkalim vaksin temuannya ampuh menangkal berbagai mutasi virus Covid-19, termasuk varian Omicorn terbaru BA.4 dan BA.5.

Selain itu, Terawan juga mengklaim telah memiliki antigen untuk mendeteksi subvarian Omicron.

"Sudah, Omicron sudah lengkap. Antigen ada yang baru, itu sudah lengkap termasuk Omicorn dan varian-variannya," kata Terawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Terawan mengatakan, orang yang sudah mendapatkan Vaksin Nusantara tidak perlu lagi melakukan vaksinasi booster. Hal ini diketahui dari hasil uji klinis I dan II.

"Yang jelas dari hasil evaluasi satu tahun uji klinus I dan II, kemampuan untuk memproteksi terhadap Covid-19 masih tinggi, artinya apa vaksin nusantara tidak perlu booster. Ini (hasil) uji klinis yaa bukan saya yang ngomong," kata Terawan.

Dia pun berharap Kementerian Kesehatan dapat segera mengeluarkan izin edar alat kesehatan untuk membuat vaksin Nusantara.

Sebab, jika izin edar keluar, pihaknya dapat segera mendistribusikan alat pembuat vaksin Nusantara ke semua daerah sehingga uji klinis III Caksin Nusantara bisa dimulai.

"Kalau bisa secepatnya, target saya secepatnya, tapi semua kan tergantung yang memberi izin, tergantung regulator Kementerian Kesehatan," kata Terawan usai rapat dengan Komisi IX DPR, Senin (20/6/2022).

"Ya kalau bisa bulan ini bisa, kalau enggak bisa, bulan depan, kalau bulan depan enggak bisa, tahun depan, enggak bisa tahun depan ya habis 2024," pungkasnya.

Rekomendasi