NasDem Kini Tak Bisa Pastikan Anies Kantongi Tiket Capres 2024

| 27 Jun 2022 20:12
NasDem Kini Tak Bisa Pastikan Anies Kantongi Tiket Capres 2024
Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - DPP Partai NasDem belum bisa memastikan apakah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan dipilih sebagai calon presiden (capres) yang diusung partainya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Apalagi, masih ada dua nama lain yang direkomendasikan sebagai bakal capres.

"Ya enggak tahu (Anies bakal dapat tiket capres 2024 dari NasDem)," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

Diketahui, selain Anies, DPP Partai NasDem juga merekomendasikan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Andika Perkasa sebagai bakal capares 2024.

Rekomendasi itu merupakan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem beberapa pekan lalu.

Menurut Ali, ketika bakal capres yang direkomendasikan itu memiliki bobot yang sama. Ketiga nama itu pula lah yang nantinya akan ditawarkan NasDem kepada partai-partai lainnya.

"NasDem mencoba menawarkan. NasDem mengusulkan tiga bakal calon yang punya bobot yang sama. Nah, ketiga ini akan kami tawarkan ke parpol lain, nanti dilihat siapa yang bisa diterima parpol untuk diusung bersama," kata Ali.

Terkait peluang Anies disepakati parpol lain untuk diusung sebagai capres 2024, Ali tak menjawab tegas.

Dia lagi-lagi mengatakan partainya baru sebatas mengusulkan nama-nama bakal capres.

"Sampai hari ini Partai NasDem belum resmi usung Anies, baru mengusulkan bakal calon," tegas Ali.

Ali juga tak mengetahui partai mana saja yang melirik Anies. Hanya saja, dari beberapa pertemuan dengan sejumlah partai, dia memastikan semuanya banyak persamaan.

Diketahui, usai Rakernas, NasDem menerima sejumlah kunjungan partai politik diantaranya yaitu PKS dan Demokrat.

"Kita tidak tahu siapa (parpol mana), apakah ke siapa (bakal calon yang mana) Anies, Ganjar, atau Andika. Kita tidak tahu. tapi yang pasti, persamaannya lebih banyak daripada perbedaannya," kata Ali.

Rekomendasi