Sah! Rapat Paripurna DPR Resmi Tetapkan 2 Hakim Agung dan 2 Hakim Ad Hoc Tipikor Terpilih

Tim Editor

Ilustrasi DPR RI (Dok. Antara)

ERA.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menetapkan dua hakim agung dan dua hakim ad hoc tipikor pada Mahkamah Agung (MA). Penetapan itu diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Calon hakim agung yang terpilih adalah Nani Indrawati untuk Kamar Perdata serta Cerah Bangun untuk Kamar Tata Usaha Negara (TUN) Khusus Pajak. Sementara, dua calon hakim ad hoc tipikor terpilih yakni Agustinus Purnomo Hadi dan Arizon Mega Jaya.

Sebelum ditetapkan, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir terlebih dulu membacakan laporan terkait proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper tes calon hakim agung dan hakim Ad hoc Tipikor pada MA.


"Komisi III DPR RI dengan mengedepankan prinsip musyawarah untuk mufakat serta berdasarkan pendapat dan pandangan Komisi III DPR RI menyetujui sebanyak 2 nama calon hakim agung dan calon hakim ad hoc tahun 2022," kata Adies.

Selanjutnya, Wakil Ketua DPR RI yang juga memimpin Rapat Paripurna, Sufmi Dasco Ahmad menanyakan kepada anggota dewan yang hadir apakah dapat menyetujui laporan tersebut.

"Kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi III DPR RI atas hasil pembahasan calon hakim agung dan hakim Ad hoc Tipikor pada Mahkamah Agung tahun 2021-2022, dapat disetujui?" tanya Dasco.

"Setuju," jawab anggota dewan.

Untuk diketahui, Komisi III DPR RI menggelar fit and proper test calon hakim agung selama dua hari, sejak 28-29 Juni 2022.

Terdapat 11 calon hakim yang mengikuti proses fit and proper test di DPR, berikut daftarnya:

Calon Hakim Agung:
1. Abd Hakim (Calon hakim agung Kamar Pidana
2. Triyono Martanto (Calon hakim agung Kamar TUN Khusus Pajak)
3. Subiharta (Calon hakim agung Kamar Pidana)
4. Suradi (Calon hakim agung Kamar Pidana)
5. F. Willem Saija (Calon hakim agung Kamar Pidana)
6. Cerah Bangun (Calon hakim agung Kamar TUN Khusus Pajak)
7. Sudharmawatiningsih (Calon hakim agung Kamar Pidana)
8. Nani Indrawati (Calon hakim agung Kamar Perdata)

Calon Hakim Adhoc Tipikor
1. Rodjai S. Irawan
2. Agustinus Prunomo Hadi
3. Arizon Mega Jaya

Tag: DPR RI hakim agung hakim Adhoc Tipikor

Bagikan: