Kebiasaan Baru Tjahjo Kumolo Dalam Beberapa Bulan Menurut Istri: Tahajud dan Dengarkan Alunan Ayat Suci Sampai Pagi

Tim Editor

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo (Ilham Apriyanto/era.id)

ERA.id - Istri almarhum Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti menceritakan kebiasaan baru yang kerap dilakukan suaminya sebelum jatuh sakit hingga akhirnya meninggal dunia.

Hal ini dituturkan Erni usai memakamkan sang suami di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta pada hari ini, Jumat (1/6/2022) dikutip dari VOI.id

"Kita enggak tahu, beberapa bulan ini, bapak kalau tidur selalu mendengarkan alunan ayat suci. Biasanya enggak begitu," kata Erni kepada wartawan di TMPNU Kalibata, Jakarta, Jumat, 1 Juli.


Erni menilai kebiasaan ini baru dilakukan Tjahjo akhir-akhir ini.

"Itu sudah sebulan. Pas mau tidur sampai tertidur sampai pagi," ujarnya.

"Kebiasaan baru bapak, maksud saya. Kalau bangun, tahajud, dan mendengarkan alunan ayat suci sampai pagi. Itu yang terakhir yang saya ingat," sambung Erni.

Erni kemudian membagi ceritanya dengan Tjahjo yang sudah dikenalnya sejak sekolah menengah pertama (SMP). Kata dia, suaminya adalah sosok yang hidup apa adanya dan selalu memberi dukungan.

"Saya dengan bapak sudah kenal lama sekali soalnya kami teman sejak sekolah, sejak SMP, SMA, kuliah dan bersama. Sudah dekat sekali, sudah lama kenal. Pokoknya ya ketika itu hidup apa adanya," ungkap Erni.

Diberitakan sebelumnya, Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat sekitar pukul 11.10 WIB.

Sebelum dimakamkan di TMPNU Kalibata, jenazah Tjahjo disemayamkan di rumah dinas menteri, kompleks Widya Chandra. Kemudian jenazahnya disalatkan di masjid Quba yang berada di kantor Kemenpan-RB.

Tag: pemakaman Tjahjo Kumolo kebiasaan baru Tjahjo Kumolo

Bagikan: