Tiba di Tanah Air, Jokowi Langsung Takziah ke Kediaman MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

| 02 Jul 2022 09:40
Tiba di Tanah Air, Jokowi Langsung Takziah ke Kediaman MenPAN-RB Tjahjo Kumolo
Jokowi Takziah ke Kediaman MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Dok. Sek (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana bertakziah ke rumah duka Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo di Jalan Widya Chandra IV No.22, Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Diketahui Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7).

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana tiba sekitar pukul 07.22 WIB.

Jokowi dan Iriana langsung disambut oleh istri Tjahjo, Ibu Erni Guntarti, beserta anak-anaknya, yakni Rahajeng Widyaswari, Karunia Putri Pari Cendana, dan menantunya Detri Warmanto. Jokowi dan Iriana kemudian berbincang dengan keluarga almarhum.

Jokowi mengenang Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana. Selain itu Tjahjo Kumolo juga merupakan seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati.

Memori kenangan itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan belasungkawa di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, Jumat (1/7) kemarin.

"Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara," kata Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana saat bertakziah yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung beserta Ibu Endang Nugrahani.

Diketahui, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan tiba di Tanah Air usai melakukan kunjungan kerja ke Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab (PEA) selama sepekan.

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Jokowi beserta rombongan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, sekitar pukul 06:25 WIB. Kemudian langsung bertolak ke kediaman Tjahjo Kumolo.

Rekomendasi