Bambang Pacul Sebut Belum Tentu Kursi Menteri PAN-RB untuk PDIP lagi

| 08 Jul 2022 09:30
Bambang Pacul Sebut Belum Tentu Kursi Menteri PAN-RB untuk PDIP lagi
Bambang Pacul (Antara)

ERA.id - Ketua Badan Pemengangan Pemilu (Bappilu) DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengatakan, Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan bertemu untuk mambahas kursi menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

"Analisis saya begitu. Hampir pasti Pak Presiden akan bertemu dengan ibu (Megawati) sebelum mengganti Pak Tjahjo Kumolo," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip pada Jumat (8/7/2022).

Menurut Bambang, kedua tokoh itu pastilah akan saling berdiskusi untuk mencari sosok terbaik pengganti Tjahjo Kumolo di kursi menPAN-RB.

Meski begitu, menurut Bambang belum tentu juga kursi menPAN-RB bakal jadi milik PDIP lagi. Namun, keputusan akhir mengenai hal tersebut merupakan hak prerogatif Jokowi.

"Semua kan dirembug, bahwa ibu akan berembug (dengan Jokowi). Kalau misalnya itu dibutuhkan seseorang yang bla bla bla, tapi di kader PDIP enggak ada misalnya," kata Bambang.

Terkait apakah PDIP tak masalah jika kursi menteri untuk kadernya di dalam kabinet berkurang, Bambang tak mau menjawab. Dia menegaskan, hal itu kewenangan Megawati.

"Itu jangan tanya saya. Kalau itu (tanya) ibu ketum," kata Bambang.

Seperti diketahui, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah dirawat intensif selama dua pekan di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta pada Jumat (1/7).

Setelah kepergian Tjahjo, kursi menPAN-RB masih kosong dan hanya diisi oleh Ad interim. Saat ini Ad interm MenPAN-RB dipegang oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Rekomendasi