Megawati dan Jokowi Sudah Bahas Nama Calon Menteri PAN-RB, Siapa?

| 28 Jul 2022 08:48
Megawati dan Jokowi Sudah Bahas Nama Calon Menteri PAN-RB, Siapa?
Hasto Kristiyanto (Dok. PDIP)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku Ketua Umumnya Megawati Soekrnoputri dan Presiden Joko Widodo sudah membahas nama calon menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Hasto memastikan dirinya tak masuk dalam bursa calon MenPAN-RB.

Diketahui, kursi MenPAN-RB hingga saat ini masih kosong setelah wafatnya Tjahjo Kumolo pada 1 Juli 2022.

"Nama-nama sudah dibahas. Siapa itu? Bukan saya, karena saya lebih memilih membantu Bu Megawati mengurus partai," kata Hasto melalui keterangan tertulis, Kamis (28/7/2022).

Meski begitu, kata Hasto, keputusan siapa nantinya yang akan dipilih sebagai MenPAN-RB tetap menjadi hak prerogatif Jokowi. Dia memastikan bahwa Megawati akan menghormati hal tersebut.

"Nanti Bu Megawati yang serahkan (nama menteri PAN-RB yang baru) ke pak Jokowi," kata Hasto.

Terkait kapan MenPAN-RB yang baru akan diumumkan, Hasto menilai sebaiknya tidak perlu terburu-buru. Sebab menurutnya, saat ini pun Kementerian PAN-RB tetap berjalan dengan baik di bawah komando Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang ditunjuk sebagai menteri Ad interim.

Dia pun meminta untuk saat ini semua pihak sebaiknya tidak membicarakan panjang lebar soal kursi menteri PAN-RB, sebagai sikap untuk menghormati sosok Tjahjo Kumolo.

"Apa pun, pak Tjahjo sekjen (PDIP) senior, beliau sosok yang sangat baik. Pas beliau wafat kan kita tahu bagaimana ungkapan duka itu banyak sekali. Mohon dipahami masa berduka itu 40 hari," kata Hasto.

Rekomendasi