Istana Pastikan Sapi Kurban yang Disalurkan Jokowi Bebas PMK

| 08 Jul 2022 17:54
Istana Pastikan Sapi Kurban yang Disalurkan Jokowi Bebas PMK
Sapi kurban yang dibeli Jokowi (Dok. Antara)

ERA.id - Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono memastikan sapi kurban yang disalurkan oleh Presiden Joko Widodo dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Kita ketahui isunya saat ini PMK, kami bersama para gubernur menjaga itu, supaya semuanya sapi-sapi kurban itu sesuai dengan karakter kesehatan yang sudah ditetapkan kementerian terkait," kata Heru dikutip di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/7/2022).

Diketahui Jokowi akan memberikan sapi kurban ke 34 provinsi di Indonesia. Seluruh sapi tersebut sebelum disalurkan sudah melewati berbagai tahapan perawatan dan pemeriksaan sehingga bebas dari PMK

Proses pengawasan dilakukan selama dua pekan oleh gubernur, Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, dan Dinas Pertanian setempat.

"Sudah dua minggu diawasi unsur staf dari Dinas Pertanian supaya sehat, gemuk, dan tidak tertular (PMK), istilahnya sudah dipingit dan ada juga yang sudah mendekati lokasi (penyaluran hewan kurban)," kata Heru.

Pemerintah menetapkan Hari Raya Iduladha pada Minggu, 10 Juli, sedangkan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Sabtu (9/7) berdasarkan hasil perhitungan wujudul hilal yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

Perbedaan itu terjadi karena dari 86 titik di seluruh provinsi Indonesia, para pemantau tidak melihat hilal. Sehingga, menurut Pemerintah, dengan ditetapkannya 1 Zulhijah pada 1 Juli 2022, maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu (10/7).

Rekomendasi