Produk Lokal di Sarinah Harganya Selangit, Jokowi: Memang Harus Mahal, Jangan Jual Barang Bagus dengan Harga Murah

| 14 Jul 2022 19:14
Produk Lokal di Sarinah Harganya Selangit, Jokowi: Memang Harus Mahal, Jangan Jual Barang Bagus dengan Harga Murah
Jokowi (Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden )

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengaku senang dengan produk-produk lokal seperti sepatu batik hingga kain tenun yang ada di pusat perbelanjaan Sarinah. Meskipun dijual dengan harga mahal, Jokowi merasa itu hal yang wajar.

Hal itu dia sampaikan di sela-sela acara peresmian transformasi Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

"Tadi kita lihat sepatu yang kualitasnya sangat bangus sekali, harganya juga sangat mahal sekali. Enggak apa-apa, memang kualitasnya bagus, harganya harus mahal," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Ada produk-produk tenun, ada produk-produk batik yang harganya mahal. Ya memang harus mahal," imbuhnya.

Menurut Jokowi, produk-produk lokal itu memang sudah sepatutnya dijual dengan harga mahal. Apalagi, sebelumnya dia sempat melihat proses kurasi yang sangat teliti. Jokowi menegaskan, jangan sampai produk-produk lokal yang dikerjakan dengan kualitas tinggi ini justru dijual dengan harga murah.

"Jangan dijual barang-barang yang dikurasi dengan baik, hasil yang sangat bagus seperti itu dengan tangan, dijual dengan harga murah," tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, dengan mematok harga tinggi terhadap produk lokal, merupakan bentuk apresiasi dan kebanggaan agar karya anak bangsa kedepannya mampu bersaing di dunia global.

"Agar kita selalu bangga, dan kita membeli dan menggunakan lebih banyak produk-produk bangsa kita sendiri untuk memenangkan persaingan global," ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi berharap dengan wajah baru Sarinah ini mampu meneruskan gagasan Presiden pertama RI Soekarno yaitu menghidupkan produksi-produksi lokal karya anak bangsa.

Dia juga berharap, Sarinah tetap bisa menjadi ikon bangsa. Para pengelola diminta tak hanya sekadar mempercantik tampilan gedungnya saja, tetapi juga menghidupkan produksi-produksi lokal karya anak bangsa.

"Betul-betul Sarinah ke depan selalu dan menjadi ikon bangsa kita, dan memiliki multiplayer effect kepada perajin kita seni budaya dan utamanya pengusaha produk-produk dalam negeri kita yang memiliki kualitas yang sangat baik," pungkasnya.

Rekomendasi