Monstera Jenis Ini Dijual Seharga Rp225 Juta yang Bikin Netizen Melongo, Apa Saja Kelebihannya?

| 24 Sep 2021 08:07
Monstera Jenis Ini Dijual Seharga Rp225 Juta yang Bikin Netizen Melongo, Apa Saja Kelebihannya?
Monstera variegata (Foto: Instagram/@leafstory_20)

ERA.id - Hobi bercocok tanaman menjadi booming di Indonesia. Terdapat berbagai jenis tanaman hias yang sedang naik daun dan jadi incaran para pelaku pencurian. Salah satu tanaman yang banyak diburu orang saat ini adalah monstera.

Belum lama ini, media sosial dihebohkan dengan seorang pria asal Solo yang membeli dua tanaman monstera variegata berukuran jumbo yang harganya mencapai ratusan juta. Hal ini terungkap dari unggahan video TikTok @kipllivariasi. Kala itu, video memperlihatkan proses transaksi serta pengemasan monstera variegata.

Lalu, tanaman hias berukuran jumbo ini diangkut dengan mobil bak terbuka dibagian belakang. Dalam bukti transaksi, kegiatan jual beli ini dilakukan pada 10 September 2021. Terlihat, tanda sah dua monstera jumbo ini dijual seharga Rp225 juta.

Monstera terjual Rp225 juta (Foto: TikTok/@kipllivariasi)
Monstera terjual Rp225 juta (Foto: TikTok/@kipllivariasi)

"The monstera seharga Rp 225.000.000," tulisnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka mewajarkan jika harga monstera variegata dijual mahal karena ukurannya besar dan susah dicari.

"Wajarlah mahal, monstera king jenis varigata dan sudah besar lagi. Itu lama banget prosesnya baru bisa besar kayak gitu," tulis akun @hara****

"Percaya aku nggak gampang merawat mahal langka itu sampai sebesar dan sesubur itu," kata akun @dwieme*****

"Aku percaya ini dekat rumah langganan aku beli bunga. Tapi aku mampunya beli yang murah-murah," timpal akun @redi***

Lantas apa kelebihan monstera variegata sampai dijual harganya mencapai ratusan juta? Dilansir dari berbagai sumber, inilah manfaat dari monstera.

1. Memperbaiki Kualitas Udara

monstera variegata (Foto: Instagram/@irenevsaragih)
monstera variegata (Foto: Instagram/@irenevsaragih)

Manfaat monstera, yakni memperbaiki kualitas udara. Jika diletakkan di dalam rumah, monstera dapat menyerap berbagai zat beracun dari udara. Misalnya benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia.

2. Menyegarkan Mata Lelah

Duduk di dekat tumbuhan janda bolong sambil menikmati keindahan daunnya bisa membantu menyegarkan mata yang lelah. Memandang tanaman hias monstera usai bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam bisa menyegarkan mata kembali.

Selain menyegarkan mata, monstera dapat menyerap kandungan bahan kimia yang sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan reaksi alergi.

3. Memberikan Kesan Elegan

monstera variegata (Foto: Instagram/@plantycious)
monstera variegata (Foto: Instagram/@plantycious)

Salah satu kelebihan utama monstera adalah daunnya yang berbentuk unik. Meletakkan tanaman ini di sudut rumah memberikan sentuhan elegan dan mempercantik rumah.

4. Bernilai Investasi

Mengingat harganya yang sedang tinggi dan banyak dicari, tanaman janda bolong menjadi investasi. Jangan mudah tergiur untuk membeli monstera yang biasa-biasa saja atau banyak ditemukan dipasaran. Jika ingin berinvestasi, tanamlah monstera yang harganya dijual dengan harga selangit, seperti monstera variegata.

Rekomendasi